Berita

    Featured Image

    Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

    Menjaga kesehatan di kondisi sekarang ini tentunya merupakan sebuah keharusan. Pasalnya, badan yang kurang fit berpotensi membuat virus masuk ke tubuh dan menyebabkan penyakit. Hal ini tentu bukan sesuatu yang diharapkan oleh masyarakat. Untuk menjaga kesehatan tentu perlu pola hidup sehat yang dijaga konsistensinya.

    Tujuan pola hidup sehat adalah untuk membantu mencegah kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Penerapan cara hidup sehat ini juga dapat menjaga kolesterol dan tekanan darah dalam batasan yang aman, sehingga tubuh akan lebih bugar dan sehat.

    Menerapkan berbagai cara hidup sehat juga bisa mencegah atau membantu seseorang mengelola berbagai masalah kesehatan, seperti:

    ·         Sindrom metabolik

    ·         Diabetes

    ·         Radang sendi

    ·         Depresi

    ·         Jenis kanker tertentu

    Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh? Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

    • Sempatkan berolahraga

    Cara hidup sehat dengan olahraga adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Orang dewasa disarankan untuk berolahraga minimal 2½ jam setiap minggunya. Sempatkan untuk berolahraga karena melakukan peregangan bagus untuk tubuh dan pikiran. Lakukan olahraga yang Anda sukai, misalnya berlari, bersepeda, berenang, senam, yoga, dan lainnya.

    Latihan di pusat kebugaran untuk membantu membakar kalori dan membentuk massa otot juga bisa dilakukan. Atau bisa juga dengan berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari dalam menjaga kesehatan tulang.

    •  Tidur yang cukup

    Meski terdengar sederhana namun tidur yang cukup justru kegiatan yang banyak disepelekan. Padahal, orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur di malam hari, meski setiap orang mungkin berbeda kebutuhannya. Tidur yang cukup dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, mempertajam memori dan fokus, serta membantu mempelajari hal-hal baru. Dalam jangka panjang, cara ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan.

    • Minum air putih yang cukup

    Cara memulai hidup sehat bisa dengan rutin mengkonsumsi air putih. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 8 gelas atau 2 liter air putih setiap hari agar tetap terhidrasi dengan baik. Hindari minuman ringan bergula dan minuman berenergi karena termasuk sumber utama kalori yang tak bernutrisi, serta dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe-2.

    • Memilih makanan yang baik