Berita

    Featured Image

    Gigi Transmisi Sering Loncat? Ini Cara Mengatasinya

    Penyebab Transmisi Sering Loncat

    Gigi Transmisi Sering Loncat atau pindah ke netral dengan sendirinya kerap terjadi pada mobil manual yang transmisinya mengalami kerusakan tertentu. 

    Apabila Anda masih menggunakan mobil manual sebagai pilihan, perhatikan penyebab dan cara mengatasi gigi transmisi loncat berikut ini.

    Penyebab Gigi Transmisi Loncat

    Gigi loncat pada mobil manual dapat membahayakan keselamatan berkendara Anda dan pengendara lainnya.

    Untuk mengatasi dan melakukan pencegahan terjadinya gigi transmisi loncat, Anda perlu memahami tentang penyebab-penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa di antaranya

    • Kerusakan Sinkromes

    Salah satu hal yang bisa menyebabkan terjadinya gigi loncat adalah kerusakan pada bagian sincromesh. Sinkromes merupakan spare part pada mobil manual yang berperan dalam menyamakan putaran gigi untuk perpindahan gigi percepatan dengan mulus.

    Kerusakan pada spare part ini dapat berupa keausan atau luka dalam sinkromes. Anda bisa mengatasi kerusakan yang bersifat ringan. Apabila kerusakan sangat parah dan tidak memungkinkan untuk diatasi, mengganti sinkromes adalah pilihan yang tepat.

    • Setelan Kopling yang Kurang Tepat

    Gigi loncat juga dapat terjadi karena setelan kopling yang tidak sesuai. Hal ini bisa menyebabkan transmisi yang nyangkut dan sulit untuk masuk.

    Anda bisa mengatur pijakan kopling yang kurang dalam atau dangkal dengan melakukan perbaikan kedalaman kopling tersebut.

    • Clutch Cover Coupling yang Lemah

    Penyebab gigi transmisi loncat berikutnya adalah melemahnya clutch cover kopling. Spare part ini berperan sebagai komponen dalam sistem kopling yang memiliki fungsi untuk menjepit kampas kopling.

    • Aus pada Blocking Ring

    Blocking ring adalah salah satu komponen dalam sinkromes yang berwarna kuning keemasan dan berbentuk seperti gelang bergerigi.

    Bagian ini, memiliki peran dalam melindungi roda gigi yang sekaligus sebagai pemandu hub sleeve saat sinkromes menghubungkan putaran dan daya dari gir percepatan.

    Aus yang terjadi pada blocking ring juga bisa menyebabkan gigi loncat sendiri, misalnya transmisi dari gigi dua atau gigi satu ke gigi netral dengan sendirinya. Hal tersebut bisa membuat Anda kesulitan dalam mengoperasikan tuas transmisi.

    • Gigi Gir yang Aus