Berita

    Featured Image

    Setir Mobil Anda Tidak Stabil? Ini Penyebabnya

    Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan ketidakstabilan setir mobil. Misalnya saja aus, dan jika keausan ini dibiarkan, akan sangat mengganggu kemampuan pengendalian mobil. Saat ingin melakukan belokan ke arah kanan, setir akan sulit untuk diputar.

    Bahkan saat sedang dalam posisi jalan lurus, setir bisa berbelok dengan sendirinya. Selain menyulitkan pengendalian mobil, kondisi ini juga dapat mengganggu konsentrasi pengemudi. Padahal, tingkat konsentrasi yang tinggi sangat penting saat mengemudi sebuah mobil.

    Penyebab Setir Mobil Tidak Stabil

    Setir merupakan bagian penting dari kendaraan yang menjamin keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Jika dirasa tidak nyaman, sebaiknya dicari penyebabnya dan dilakukan tindakan untuk memperbaikinya.

    Nah, beberapa penyebab setir pada mobil Anda tidak nyaman dapat disebabkan oleh hal-hal berikut.

    • Kaki-kaki Mobil Aus

    Salah satu faktor yang menyebabkan setir menjadi tidak stabil adalah adanya aus pada kaki-kaki mobil, terutama pada bagian long tie rod.

    Kerusakan pada komponen ini menyebabkan setir cenderung miring dengan sendirinya ke kiri. Akibatnya, pengemudi harus selalu memegang setir agar mobil tetap berjalan lurus.

    • Ban Mobil Yang Menggelembung

    Ban menggelembung menyebabkan goyangan saat Anda menyetir, terutama saat kecepatan rendah. Gelembung pada ban mobil dapat disebabkan oleh kondisi ban yang sudah tidak layak pakai lagi.

    Hindari penggunaan ban yang sudah aus, karena hal ini dapat mempengaruhi kemampuan pengereman mobil. Selain itu, perhatikan juga pola atau motif pada ban mobil Anda untuk memastikan kualitas dan performa yang optimal.

    • Velg Yang Penyok

    Ketidaknyamanan saat berkendara dapat disebabkan oleh kondisi velg yang sudah penyok, yang pada akhirnya menyebabkan setir mobil goyang. Penyebab utama velg penyok adalah sering berkendara di jalan berlubang yang mengakibatkan benturan.

    Ketika terjadi kerusakan pada velg akibat penyok, dapat mengganggu keseimbangan kendaraan dan menyebabkan goyangan pada setir mobil.

    • Kampas Rem Habis

    Banyak pengguna mobil tidak menyadari saat kampas rem mulai menipis atau habis. Bayangkan jika kampas rem Anda tiba-tiba habis. Tentunya akan sangat mengganggu.  Jika hal ini terjadi, penting untuk segera menggantinya dengan kampas rem yang baru.

    • Ada Masalah Pada Piston Rem Mobil