Berita

    Featured Image

    Simak Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

    AC merupakan komponen penting dari sebuah mobil. Bagi penggunanya, keberadaan AC sangat berpengaruh pada kenyamanan selama di perjalanan. Namun pada kondisi tertentu AC mobil tidak dingin dan bisa saja tidak berfungsi seperti normalnya. 

    Masalah ini tentu saja harus segera diatasi agar pengendara bisa kembali merasa nyaman. Kira-kira apa saja penyebab AC tidak mengeluarkan udara dingin? Mari simak penjelasannya di sini!

    Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

    Kendala pada AC mobil sebenarnya bisa dipicu oleh banyak faktor. Sebagai pemilik mobil, tentu Anda harus memahami masalah seperti ini. Jika dipahami dengan baik apa saja faktor penyebabnya maka Anda bisa mencegah masalah tersebut terjadi. Berikut adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab  mengapa AC mobil tidak dingin:

    • Kehabisan Freon

    Penyebab pertama bisa jadi karena freon AC habis atau kurang. Freon itu sendiri merupakan media yang akan memberikan sensasi dingin pada udara dari dalam AC. Jika freonnya habis maka AC tidak akan bisa menyemburkan udara dingin. Freon ini bisa habis karena berbagai penyebab, misalnya karena kebocoran, evaporasi, maupun masalah lain. 

    Apa yang harus dilakukan jika AC kekurangan atau kehabisan freon? Mudah saja, Anda bisa langsung mengisi cairan freon yang baru. Namun pastikan dulu bahwa tidak ada kebocoran sehingga freon tidak akan cepat habis lagi. 

    • Kondensor Dalam Kondisi Kotor

    AC mobil tidak dingin bisa dikarenakan kondensornya dalam kondisi kotor. Kondensor ini memiliki fungsi membuang panas yang dihasilkan oleh kompresor. Saat kondensor dalam kondisi kotor maka fungsi tersebut tidak bisa dijalankan dengan baik. Sebaiknya lakukan pembersihan kondensor secara rutin agar tidak ada tumpukan kotoran yang bisa memicu karat. 

    • Kerusakan Magnetic Clutch

    Penyebab lainnya adalah kerusakan pada magnetic clutch. Ini merupakan katup magnetik yang tugasnya adalah menghubungkan putaran mesin dengan kompresor. Jika katup magnetik rusak maka kompresor tidak bisa bekerja dan akhirnya AC juga tidak bisa menyemburkan udara dingin. Biasanya kerusakan katup magnetik ini dipicu oleh penggunaan AC yang salah.

    • Kompresor Sudah Aus

    Kondisi kompresor yang sudah aus juga bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Saat kompresor aus, biasanya akan terlihat sight glass hitam. Munculnya sight glass hitam ini merupakan pertanda bahwa receiver dryer tersumbat karena banyak kotoran di dalamnya. 

    • Sumbatan pada Evaporator AC