Berita

    Featured Image

    Apa itu Timing Belt? Fungsi & Tandanya Perlu Diganti

    Timing belt merupakan salah satu komponen utama pada mesin mobil. Menurut buku Kiat Membeli Mobil Bekas, Anthonius Riyanto (2001:85), komponen yang juga disebut sebagai timing chain ini sudah dipakai oleh mobil sejak tahun 1980-an.

    Komponen yang masih termasuk klep atau katup mesin ini mempunyai berbagai fungsi penting bagi mobil. Karena fungsinya inilah, timing chain perlu diganti secara rutin agar mobil bisa berjalan dengan baik.

    Simak penjelasan selengkapnya mengenai hal tersebut di bawah ini.

    Fungsi Timing Belt atau Timing Chain

    Fungsi utama dari komponen ini bisa dilihat dari namanya, yakni timing berarti waktu dan belt adalah sabuk. Jadi, komponen ini bertugas untuk mengatur waktu kerja mesin agar bisa berfungsi dengan optimal.

    Selain itu, timing chain juga mempunyai beragam fungsi lainnya. Berikut beberapa di antaranya:

    • Memutar Camshaft

    Camshaft merupakan komponen yang mengatur katup mesin serta fuel pump pada sistem pembakaran. Camshaft bergerak sesuai putaran mobil.

    Namun komponen ini tak bisa bergerak sendiri sehingga membutuhkan timing chain. Komponen ini akan bergerak secara otomatis bila mesin mobil dihidupkan.

    • Menutup Mesin Mobil secara Otomatis

    Tak hanya menggerakkan camshaft saja, fungsi timing belt yang lain adalah untuk membuka dan menutup katup mesin mobil secara otomatis. Hal ini disebabkan camshaft terhubung dengan katup dan pembuangan.

    Dengan adanya timing chain ini, oksigen serta bensin yang masuk ke ruang pembakaran bisa diatur. Begitu pula dengan sisa pembakaran juga bisa diatur pengeluarannya.

    Selain itu, timing chain juga akan mengontrol tempo gerakan camshaft  sehingga katup mesin bisa bergerak dengan normal dan kecepatan yang konstan.

    Unsplash

    Tanda Timing Belt Perlu Diganti

    Seperti komponen mobil lainnya, timing chain juga perlu diganti karena berbagai alasan. Jika tidak, maka akan mempengaruhi performa mobil. Berikut beberapa di antaranya:

    • Mesin Berbunyi Aneh