Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Cuaca Panas

    Air Conditioner atau AC mobil adalah komponen yang sangat penting pada mobil. Di mana AC berfungsi untuk mendinginkan suhu kabin atau ruangan di dalam mobil. Namun bagaimana jika AC mobil tidak dingin saat cuaca panas?

    Hal itu akan membuat Anda dan keluarga kepanasan. Jika ada anak kecil, hal itu rentan membuat mereka menjadi lebih rewel. Keadaan di dalam mobil pun menjadi chaos. Tentu Anda tidak menginginkan hal itu terjadi bukan?

    Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa yang membuat performa AC mobil Anda menurun dan tidak berfungsi dengan baik, juga bagaimana cara mengatasinya. Anda bisa menyimak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

    5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Cuaca Panas

    Terdapat 5 penyebab AC mobil tidak berfungsi ketika cuaca sedang panas. Nah, di bawah ini merupakan daftar dan penjelasannya!

    • Filter AC Kotor atau Tersumbat

    Filter AC pada mobil berfungsi untuk menyaring segala jenis partikel halus atau kotoran yang berputar bersama freon. Dengan begitu kotoran tidak akan masuk ke dalam kabin mobil.

    Penggunaan AC dalam jangka waktu yang lama bisa membuat filter AC pada mobil menjadi kotor. Jika kotoran terus dibiarkan hal ini akan mengganggu kinerja dari filter AC mobil. Salah satunya yaitu AC mobil tidak dingin saat cuaca panas.

    • Selang-Selang Pada AC Tersumbat atau Rusak

    Selang merupakan komponen pendukung pada AC mobil, di mana selang-selang ini berfungsi menghantarkan tekanan dari freon ke seluruh komponen AC mobil. Dengan begitu AC bisa mengeluarkan suhu dingin ke kabin.

    Namun, jika selang-selang ini tersumbat atau bahkan rusak tentu saja akan membuat aliran jadi tidak lancar dan membuat AC tidak mengeluarkan suhu dingin dengan optimal.

    • Kompresor AC Tidak Berfungsi Baik

    Kompresor AC mobil berfungsi untuk memompa aliran gas freon supaya freon bisa mengalir ke seluruh komponen AC. Jika kompresor mengalami keausan atau komponennya rusak, terang saja jika AC tidak bisa berfungsi dengan optimal.

    Sehingga ketika cuaca panas suhu yang dihasilkan oleh AC mobil tidak cukup dingin untuk meredam panas di kabin. Jika hal ini terjadi, Anda perlu membawa mobil ke bengkel untuk segera mendapat perbaikan.

    • Sistem Refrigerant Kekurangan Cairan

    Refrigerant pada AC mobil merupakan komponen yang berfungsi sebagai zat pendingin yang dialirkan di dalam saluran AC mobil. Cairan dari refrigerant inilah yang kemudian diubah menjadi suhu dingin untuk dialirkan ke kabin mobil.