Berita

    Featured Image

    Tips Mengatasi Masalah Bocor pada Sistem Knalpot Mobil

    Masalah knalpot bocor tentunya harus segera diatasi dengan cara yang tepat. Jika dibiarkan begitu saja maka masalah ini bisa berakibat fatal dan mengganggu kinerja kendaraan Anda untuk jangka waktu lama.

    Penting sekali untuk memahami apa saja ciri-ciri yang muncul saat ada kebocoran pada knalpot. Dari sini Anda bisa segera mengambil langkah untuk mengatasi masalah kebocoran tersebut agar mobil kembali melaju lancar tanpa kendala. 

    Ciri-Ciri Knalpot Bocor

    Banyak orang sering tidak menyadari kalau knalpot kendaraan mereka mengalami gangguan atau kebocoran. Berikut adalah beberapa ciri yang bisa Anda kenali saat mendapati kebocoran knalpot:

    • Suara Mesin Lebih Bising

    Ciri pertama yang sangat mudah untuk dikenali adalah suara mesin jadi lebih bising. Jika Anda menggunakan mobil setiap hari, pasti Anda akan langsung tersadar ketika suara mesin berubah jadi lebih bising. 

    • Muncul Bau Menyengat

    Ciri lainnya adalah muncul bau menyengat terutama di dalam kabin. Saat terjadi kebocoran knalpot, maka aroma yang dikeluarkan oleh knalpot akan jauh lebih tajam dan bisa memenuhi ruang kabin. 

    Tanda ini juga biasanya akan langsung dikenali oleh pengendara terutama mereka yang cukup sensitif terhadap perubahan bau. Jika memang sudah muncul bau menyengat seperti ini maka lebih baik langsung dicek. 

    • Terjadi Penurunan Daya

    Knalpot bocor bisa menyebabkan tenaga mobil jadi tidak sekuat biasanya. Itulah mengapa biasanya akan terjadi penurunan daya dan membuat performa mobil Anda jadi kurang optimal. 

    • Bahan Bakar Lebih Boros

    Saat ada kebocoran, biasanya konsumsi bahan bakar juga jadi lebih boros. Hal ini disebabkan oleh kondisi mesin yang tidak bergerak dari putaran rendah. Jika dibiarkan terus maka pemakaian bahan bakar semakin tidak efektif. 

    Tips untuk Mengatasinya

    Jika sudah menemui tanda-tanda tadi, lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut? Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah knalpot bocor:

    • Gunakan Lem Sealer

    Cobalah memakai lem sealer untuk mengatasi kebocoran pada knalpot. Hanya saja Anda harus lebih teliti karena dalam hal ini Anda tidak bisa memakai jenis lem sealer yang sembarangan.