Berita

    Featured Image

    Tanda-Tanda Pintu Mobil Anda Harus Segera Diservis

    Pintu mobil merupakan akses utama untuk keluar masuk saat menggunakan kendaraan. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan kondisi pintu agar tetap berfungsi dengan baik.

    Kondisi pintu pada mobil yang sudah tidak berfungsi dengan baik jangan terus dibiarkan.Hal ini karena bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen mobil lainnya.

    Tanda-Tanda Pintu Mobil Harus Diperbaiki

    Jika mobil pintu yang digunakan sudah rusak, maka disarankan harus segera diservis melalui bengkel terdekat. Berikut beberapa tanda pintu yang harus diperbaiki pada kendaraan mobil.

    • Kerusakan pada Bagian Central Lock

    Central lock memiliki fungsi untuk mengunci seluruh pintu kendaraan dari satu titik yang berada di pintu pengemudi. Jika central lock tidak dapat bekerja, maka pintu harus segera diperbaiki atau mengganti sparepart yang rusak.

    Beberapa penyebab central lock tidak bekerja biasanya karena bagian motor penggeraknya kotor, rusak, patah dan aus sehingga macet. Penyebab lainnya juga bisa terjadi akibat suplai arus listrik yang terputus atau modul alarm yang rusak.

    • Karet Pintu Bermasalah

    Di setiap sisi pintu pada mobil terdapat lapisan karet yang berguna untuk mencegah masuknya air dari luar menuju kabin mobil. Fungsi karet pintu juga berguna untuk meminimalisir masuknya debu dan meredam getaran pada pintu.

    Apabila karet pintu ini bermasalah, bisa diketahui dengan suara bunyi yang ditimbulkan atau bentuknya menjadi keras, pipih, hingga gepeng. 

    Kerusakan pada karet ini bisa membuat masuk debu ke dalam mobil dan juga tidak tahan terhadap kedap suara.

    Freepik
    • Pintu Sulit Dibuka

    Kesulitan saat membuka pintu bisa menjadi salah satu tanda sparepart mobil tersebut harus segera diganti. Hal ini bisa disebabkan kerusakan pada bagian kunci sehingga pintu tidak bisa dibuka dari luar maupun dari dalam.

    Terlebih jika mobil sulit dibuka dari dalam, bisa saja penyebab lainnya adalah kawat penghubung yang terputus. Kondisi motor penggerak yang berkarat juga bisa membuat pintu sulit dibuka.

    Kemudian masalah lainnya kerap ditemukan pada kotoran atau karat yang menumpuk pada bagian handle pintu yang menyebabkan menjadi seret. Penyebab lainnya juga bisa diakibatkan karena pintu pernah terkena benturan atau kecelakaan.

    • Pintu Mobil Tidak Terkunci