Berita

    Featured Image

    Cara Mengganti Lampu Kabin Mobil dengan Mudah dan Cepat

    Lampu kabin mobil sangat berguna ketika Anda berkendara di malam hari. Pasalnya, Anda akan membutuhkan lampu ini saat mencari barang saat hari mulai gelap. Bila lampu ini mati, tentu Anda akan kesulitan untuk menemukan barang yang dibutuhkan di dalam mobil. 

    Sama seperti komponen lainnya, lampu kabin juga bisa rusak atau mati. Bila hal ini terjadi, Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Lalu, bagaimana caranya? Berikut informasi selengkapnya!

    Cara Mudah Mengganti Lampu Kabin Mobil

    Untuk mengganti lampu kabin yang sudah mati, Anda tidak harus pergi ke bengkel. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengganti lampu kabin sendiri di rumah:

    • Buka reflektor atau mika penutup lampu dengan cara mencongkel atau menekan pinggirnya. Sebelum itu, pastikan lampu sudah dalam keadaan off;

    • Regangkan fitting lampu, dan lepaskan lampu mobil;

    • Selanjutnya, cobalah perhatikan filamen pada lampu tersebut untuk mengecek lampunya sudah putus atau belum. Bila sudah terputus, ganti dengan bohlam baru yang memiliki spesifikasi yang sama;

    • Pasangkan bohlam yang baru pada kedua fitting.

    • Sebelum Anda menyalakan kembali reflektor, cobalah untuk nyalakan terlebih dahulu untuk mengetahui lampu sudah berfungsi atau belum.

    Penyebab Lampu Kabin Mobil Tidak Menyala

    Jika Anda sudah mengganti lampunya tetapi masih tidak menyala, bisa jadi penyebabnya bukan karena lampunya yang rusak. Pasalnya, ada banyak penyebab lampu kabin tidak menyala. Adapun penyebabnya yaitu sebagai berikut:

    • Korsleting atau Kabel Putus

    Salah satu faktor yang dapat menyebabkan lampu di dalam kabin tidak menyala yaitu adanya korsleting atau kabel yang terputus. Kabel yang terputus bisa terjadi karena kabel yang sudah aus atau bisa juga karena rusak akibat kecelakaan. 

    Sementara itu, korsleting bisa terjadi akibat adanya paparan air atau gesekan berlebihan pada komponen. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan melakukan penggantian pada kabel yang rusak.

    • Saklar Rusak

    Selain korsleting, lampu kabin yang mati juga bisa disebabkan oleh saklar yang rusak. Saklar merupakan komponen yang berperan untuk mengontrol lampu menyala atau mati. 

    Bila kontrol ini rusak, bisa menyebabkan lampu kabin tidak dapat menyala sekalipun dalam kondisi yang normal. Untuk mengatasinya, Anda perlu memeriksa saklar dan menggantinya dengan yang baru bila ditemukan kerusakan.

    • Soket Lampu Longgar atau Kotor

    Soket lampu yang longgar atau kotor juga dapat menyebabkan lampu dalam mobil tidak menyala. Korosi atau kotoran bisa menghambat aliran listrik pada soket dan bohlam. 

    Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu membersihkan soket tersebut. Lalu, pastika terkoneksi dengan baik sehingga lampu bisa menyala kembali.

    • Listrik Tidak Stabil

    Masalah yang terjadi pada sistem kelistrikan juga dapat menyebabkan lampu mobil tidak menyala. Biasanya, hal ini terjadi ketika ada masalah dengan alternator, kabel yang rusak, atau baterai yang sudah lemah. 

    Untuk mengetahui penyebabnya, diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh. Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi terdekat.

    • Fuse Terbakar

    Sekring atau fuse merupakan komponen yang memiliki peran penting pada sistem kelistrikan kendaraan. Komponen ini bertugas untuk melindungi komponen elektronik lainnya dari arus listrik yang melonjak berlebihan. 

    Jika lampu kabin tidak menyala, ada kemungkinan fuse pada lampu tersebut terbakar. Biasanya, hal ini terjadi akibat korsleting atau kelebihan arus.