Berita

    Featured Image

    Cairan Cadangan yang Wajib Dibawa Saat Mudik

    Bawa bekal untuk keperluan mudik bukan hanya makanan saja. Ada juga bekal untuk cairan mobil yang wajib kamu siapkan sebelum melakukan perjalanan mudik. Tujuannya agar pada saat hal tak diinginkan terjadi, kamu punya cadangan cairan untuk menyelesaikan masalahnya. 

    Lalu apa saja cairan cadangan yang perlu dibawa? Yuk simak penjelasan berikut.

            1. Oli Mesin

    Sejatinya, hampir 90% durabilitas mesin tergantung dari kualitas oli yang dipakai. Untuk long trip seperti mudik dengan jarak tempuh ratusan kilometer, pastinya kualitas dan kondisi oli harus oke.

    Salah satu yang jadi bahan perdebatan sampai saat ini adalah bolehkah mencampur oli mesin yang dipakai dengan merek lain? Ada pihak yang membolehkan dan ada juga yang melarang.

    Salah satunya John Rowland, head Research chemist pelumas Fuchs-Silkolene. Dikutip dari majalah Superbike edisi Januari 2010, ia mengatakan, tidak mengapa memakai oli campuran dari dua atau lebih oli mesin dengan merek berbeda.

    Yang gak boleh adalah mencampur oli yang berbeda peruntukan seperti oli mesin dengan oli gardan.

    Namun pendapat Guntur dari bengkel All Key Auto Sport, untuk mengantisipasi adanya efek negatif, sebaiknya oli mesin gak dicampur. Kalau oli mesin kurang, boleh ditambah dengan oli baru yang semerek dan sama kadar kekentalannya (SAE).

    So, bawalah oli mesin cadangan yang semerek dan sejenis.

            2. Radiator Coolant

    Kondisi mesin yang baik dan prima secara tidak langsung juga ditentukan oleh sistem pendingin mesin. Mesin kendaraan yang bekerja dapat menghasilkan panas hingga 75-90ºC. Jika suhu terlalu tinggi, maka mesin akan overheating dan tidak bisa bekerja maksimal.

    Bagi pengguna mobil baru, radiator coolant (RC) memang sudah jadi air standar radiator. Disinyalir, cairan RC bisa bikin mesin lebih adem ketimbang kalau pakai air ledeng biasa.

    Nah, tak haram kalau mau pakai RC pada mobil tua, yang penting kondisi saluran pendingin pada mobil tersebut harus bersih dan lancar.

    Nah untuk jenis RC, Hartanto, fluids specialist toko Cahaya Maju, di Kebon Jeruk, Jakbar, menghimbau untuk bijak memilih RC. “Yang pasti, cari RC yang punya kadar PH netral.”

    Pertanyaannya, bolehkah RC ditambahkan dengan merek lain? Hartanto menanggapi, akan lebih baik RC tidak dicampur dengan dua atau lebih merek berbeda.

    Sebab dikhawatirkan campuran dari RC dapat menghasilkan reaksi yang justru dapat menimbulkan karat. “Kalaupun kapasitas RC berkurang di tabung cadangan, tambahkan air biasa saja,” sarannya.