Berita

    Featured Image

    Mengenal Fungsi Stabilizer Link Pada Mobil

    Stabilizer link adalah salah satu komponen penting yang membuat mobil bisa melaju dengan lancar. Untuk itu sebagai pemilik mobil atau penggunanya, Anda harus tahu segala hal tentang komponen ini. Lantas, apa sih pengertian dan fungsinya?

    Pengertian Stabilizer Link Pada Mobil

    Sekilas dari penamaan komponen, stabilizer berarti keseimbangan. Pengertiannya sama, yakni komponen yang bakal membantu menyeimbangkan, menstabilkan laju mobil atau kendaraan. 

    Komponen ini berbentuk seperti besi panjang. Terletak pada bagian bawah dari mobil. Pada setiap ujungnya, tersambung dengan komponen suspensi mobil.

    Karena bahan pembuatnya dari besi alias logam dengan kekuatan yang mumpuni, bisa dipastikan komponen ini tidak cepat rusak. Apabila mobil mengalami kecelakaan, maka bisa saja karet bushing penyangga komponen ini rusak.

    Fungsi Link Stabilizer 

    Ada beberapa fungsi dari stabilizer link yang harus Anda tahu. Sebab, tidak hanya soal keseimbangan, namun ada kegunaan lain yang bisa menjaga laju mobil tetap baik. 

            1. Menjaga mobil stabil dalam setiap kondisi

    Ada banyak tipe jalan yang memengaruhi laju kendaraan. Seperti belokan, lurus, menanjak dan lain sebagainya.

    Nah, komponen ini berfungsi menjaga laju mobil tetap stabil di berbagai kondisi jalan. Sehingga saat melewati beragam macam jalan, mobil akan tetap tenang dan nyaman.

            2. Mengurangi efek limbung saat berbelok

    Apabila Anda merasa nyaman saat mobil berbelok, ini adalah efek dari stabilizer. Sebab, salah satu fungsinya yakni mengurangi efek limbung saat mobil sedang berbelok di jalan.

    Ya, saat mobil berbelok, otomatis akan terasa miring dan sedikit oleng. Efek ini bisa berkurang apabila komponen diaktifkan.

            3. Meredam guncangan

    Saat berkendara di tipe jalan yang tak rata, seringkali mobil terguncang. Fungsi stabilizer link berikutnya yakni membantu suspensi untuk meredam guncangan tersebut. 

    Jika Anda ingin membuktikan fungsi ini, sesekali bisa dinon-aktifkan. Tapi Anda jangan kaget jika saat melewati jalan yang berlubang, tiba-tiba mobil terguncang dengan keras. 

            4. Menambah daya cengkram pada ban

    Fungsi keempat yakni bisa menambah daya cengkeram pada ban mobil Anda. Sebab, daya cengkram pada mobil tidak hanya bergantung pada ban saja.