Berita

    Featured Image

    Kenali Komponen Poros Engkol serta Fungsinya

    Poros engkol adalah bagian utama pada sistem transmisi daya di dalam mesin kendaraan. Bertanggung jawab untuk mengubah gerakan linear (vertikal atau horizontal) dari piston menjadi gerakan rotasi.

    Singkatnya, fungsi poros engkol adalah sebagai pusat pergerakan piston. Setiap gerak yang terjadi pada piston, akan diteruskan ke transmisi kendaraan sehingga kendaraan dapat berjalan. Itu mengapa komponen satu ini berperan cukup vital pada mesin kendaraan.

    Umumnya poros engkol terbuat dari baja atau besi cor. Untuk poros engkol dengan volume tinggi, kendaraan produksi bermuatan rendah biasanya terbuat dari besi cor. 

    Komponen pada Poros Engkol

    Ada beberapa bagian penting dari poros engkol yang perlu Anda ketahui, yaitu :

    • Crankpin

    Crankpin merupakan bagian mekanis dari mesin yang memungkinkan batang penghubung melekat pada poros engkol dengan sangat kuat. Berbentuk silinder, untuk memberikan gaya rotatif ke ujung besar batang penghubung.

    • Crank Journal

    Jurnal melekat pada blok mesin. Bantalan ini memegang poros engkol dan membiarkannya berputar di dalam blok mesin, berperan sebagai penopang. Terdapat bantalan metal (main bearing) untuk memperlancar putaran poros engkol pada crank journal. 

    • Crank Arm

    Berfungsi menghubungkan crank journal dengan crankpin. Terhubung langsung dengan roda gila (flywheel), kemudian tenaga yang dihasilkan diteruskan ke transmisi kendaraan.

    • Counterweights atau balancer weight

    Adalah bagian yang berfungsi memberikan keseimbangan dan stabilitas pada poros engkol saat bekerja. Membantu penyesuaian kerangka kerja dan beratnya batang penghubung. Terdapat beberapa lubang atau titik balance di setiap ujungnya.

    • Oil passage dan oil seals atau saluran oli

    Berfungsi sebagai tempat masuknya pelumas (oli) agar mengalir ke semua bagian poros engkol dengan mudah. Biasanya dibuat sejalur antara crank pin dengan crank journal.

    Apa Sih Fungsi Poros Engkol?

    Poros engkol sendiri berfungsi untuk mengubah gaya yang dihasilkan oleh pembakaran mesin menjadi gerakan putar atau torsi melalui batang penghubung kemudian ditransmisikan ke roda gila (flywheel). Ketika pembakaran campuran antara bahan bakar dengan udara terjadi, dari situlah daya dihasilkan. 

    Bagaimana Sistem Kerja Poros Engkol pada Kendaraan?