Berita

    Featured Image

    Fungsi dan Jenis Wax Mobil Yang Harus Anda Ketahui

    Permukaan cat mobil yang tidak dirawat dapat menyebabkan mobil menjadi kusam. Agar cat mobil tidak pudar maka diperlukan perlindungan salah satunya adalah dengan memakai wax mobil. Dengan wax, permukaan mobil akan selalu terlihat mengkilap. 

    Lalu, apa sebenarnya waxing mobil itu? Wax mobil adalah bentuk perawatan mobil dengan cara mengoleskan wax atau lapisan khusus untuk menjaga clear coat mobil selalu terlihat mengkilap. Waxing ini biasanya dilakukan untuk mobil baru.

    Mungkin Anda mengira jika wax sama dengan polish. Polish bersifat abrasif dan bekerja menghilangkan cat kusam pada mobil lama. Sedangkan lapisan wax bekerja untuk mempertahankan clear coat agar tidak pudar dan kusam. 

    Jadi, apabila Anda ingin mobil lama terlihat mengkilap Anda perlu melakukan polish sebelum melakukan wax.

    Fungsi Wax Mobil

    Fungsi yang pertama adalah melindungi cat mobil dari paparan sinar matahari dan hujan. Sinar matahari dan air hujan dapat menyebabkan oksidasi dan menyebabkan cat mobil menjadi rusak dan memudar. Bahan sintetis yang terdapat dalam wax dapat melindungi  mobil dari unsur yang dapat memudarkan cat.

    Waxing juga lebih menghemat uang Anda. Ketika mobil kusam maka Anda perlu melakukan polish agar mobil terlihat kinclong. Namun untuk melakukan polish lebih mahal daripada waxing, jadi sebaiknya Anda rutin menggunakan wax sejak mobil masih baru. 

    Jenis –jenis Wax

            1. Carnauba Wax

    Carnauba wax adalah wax yang terbuat dari pohon carnauba yang hanya hidup di Brazil sehingga tak heran jika lilin ini memiliki harga yang lebih tinggi dari jenis biasanya. Wax ini memiliki ketahanan yang bagus terhadap air maupun cahaya matahari. 

            2. Polymer Wax

    Yang kedua yaitu wax yang terbuat dari larutan polymer. Polymer ini dapat melindungi sampai pori-pori cat mobil. 

    Tips Memakai Wax Mobil Sendiri

            1. Bersihkan Body Mobil

    Sebelum Anda mengaplikasikan wax ke mobil Anda, sebaiknya cuci mobil Anda terlebih dahulu kemudian tunggu sampai kering. Hal tersebut perlu dilakukan agar wax bisa menempel langsung ke permukaan mobil.

    Agar mobil terlihat kinclong seperti cermin, Anda bisa lakukan detailing sebelum pemakaian wax.

            2. Pilih Produk yang Dibutuhkan