Mengenal Front Wheel Alignment pada Kendaraan dan 5 Sudutnya
Berkenalan Dulu dengan Wheel Alignment
Kendaraan sudah menjadi bagian penting bagi masyarakat. Setiap orang ingin memilikinya. Namun, mampu membeli sebuah kendaraan roda empat, bukan berarti pandai dalam melakukan perawatan. Untuk itu, mari simak ulasan tentang front wheel alignment atau biasa disebut penyelarasan/pelurusan pada roda.
Ketika Anda melakukan penyelarasan pada roda dengan benar, maka kendaraan pun akan aman untuk digunakan. Kualitas juga akan semakin baik dan masa pakai ban akan lebih lama serta maksimal.
Inilah Front Wheel Alignment pada Kendaraan dan 5 Sudutnya
Pada dasarnya, pelurusan roda dapat digambarkan dalam bentuk sudut yang dibentuk oleh komponen kemudi dan suspensi. Umumnya, sudut-sudut tersebut terbagi menjadi 5 yaitu front wheels-caster, camber, toe, Steering Axis Inclination (SAI), dan toe-out on turns.
- Front Wheels-caster
Sudut caster akan membantu menyeimbangkan kemudi, stabilitas, dan menikung. Jika dilihat dari sisi kendaraan, ini disebut sebagai sudut sumbu kemudi.
Jika Anda memiliki caster positif, sumbu kemudi akan miring ke arah pengemudi. Sedangkan caster negatif akan membawa sumbu kemudi miring ke arah depan kendaraan.
- Camber
Ini adalah sudut dalam atau luar ban jika dilihat dari depan kendaraan. Terlalu banyak kemiringan ke luar atau ke dalam, juga dikenal dengan camber negatif dan positif, masing-masing, menunjukkan keselarasan yang tidak tepat dan harus disesuaikan. Bantalan yang aus, sambungan bola, dan bagian suspensi roda lainnya dapat menyebabkan ketidaksejajaran pada camber.
Zero camber, roda dan ban yang vertikal sempurna menyebabkan keausan ban paling sedikit. Camber positif akan menyebabkan tapak luar ban lebih cepat aus daripada tapak dalam. Sedangkan camber negatif justru memberikan efek sebaliknya.
- Toe
Berbeda dari pelurusan camber, pelurusan toe adalah sejauh mana ban Anda berbelok ke dalam atau ke luar bila dilihat dari atas. Sepasang roda depan atau belakang yang diarahkan ke dalam di tepi depan, disebut dengan toe-in. Ketika roda diarahkan ke luar, akan disebut toe-out.
Toe-in atau toe-out yang ekstrim dapat menyebabkan keausan bagian tepi di seluruh tapak ban.
- Steering Axis Inclination (SAI)
Steering Axis Inclination (SAI) adalah kemiringan sumbu kemudi dari vertikal jika dilihat dari depan. Sudut ini dibentuk oleh garis melalui pusat-pusat sambungan bola bawah dan atas dari strut mount.
Seperti halnya caster, SAI mempengaruhi rasa dan stabilitas kemudi. Pada suspensi yang tidak memiliki banyak caster, SAI tinggi dapat memberikan rasa kemudi yang kokoh dan stabil.
- Toe-out on Turns
Toe-out on turns juga disebut radius belok, atau sudut Ackerman. Saat kendaraan berbelok, roda depan luar juga ikut berbelok pada sudut yang lebih kecil daripada roda dalam. Akibatnya, ban bagian depan akan kempes sewaktu menikung.
Beberapa jumlah toe-out pada belokan diperlukan karena roda luar harus berputar pada radius yang lebih besar daripada roda dalam. Jika sudut belok roda sama, ban luar akan lecet saat mencoba berbelok pada radius yang lebih pendek.
Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya untuk Anda mengecek ban dengan teliti dan kenali kelima sudut dalam front wheel alignment. Sebab, setiap kendaraan perlu memiliki ukuran dan pola yang sama agar perjalanan lebih aman dan kendaraan pun lebih awet digunakan. Jika melihat ada tanda-tanda keausan pada ban, segera bawa mobil ke bengkel resmi suzuki dengan mengunjungi website nya di https://suzuki.rmk.co.id.