Berita

    Featured Image

    Ketahui Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal dan Aman untuk Berkendara

    Tekanan angin ban mobil ideal perlu dipertahankan saat berkendara karena bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan dan stabilitas kendaraan. Sebab, ukuran angin ban mobil yang kurang pas bisa berpotensi menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. 

    Jadi, penting bagi setiap pengendara untuk memperhatikan dengan benar tekanan angin pada ban ketika akan menambahkan angin biasa atau nitrogen. Apalagi setiap kendaraan memiliki standar yang berbeda yang telah ditentukan oleh pihak pabrik. 

    Jika tekanan angin ban ini kurang atau justru berlebih, keduanya akan berdampak pada kendaran Anda. Lalu, bagaimana cara mengetahui tekanan angin ban yang ideal tersebut? Berikut informasinya!

    Cara Mengetahui Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil Ideal

    Fakta yang terjadi di lapangan, masih banyak pengguna mobil yang membawa banyak penumpang atau banyak barang sehingga tekanan ban melebihi batas yang disarankan. 

    Mereka beranggapan bahwa banyaknya “isi” mobil membuatnya harus menambah tekanan angin ban, khususnya ban mobil bagian belakang. 

    Hal ini memang tidak salah karena jika tekanan angin kurang justru membuat mobil harus bekerja ekstra keras karena tekanan pada ban menjadi lebih berat. Agar terhindar dari risiko yang membahayakan saat berkendara, pastikan tekanan angin ban mobil telah sesuai. 

    Untuk mengetahui tekanan angin ban yang ideal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain: 

    • Menggunakan Alat

    Cara yang pertama untuk mengetahui tekanan angin ban mobil ideal atau tidak, bisa dengan menggunakan alat pengukur yang dapat diperoleh dengan mudah di pasaran. 

    Cara penggunaan alat ini cukup mudah, yaitu hanya dengan memukulkannya ke permukaan mobil. Nantinya, alat canggih tersebut akan memberi respon dan menunjukkan hasilnya.  

    • Pemeriksaan Berkala

    Cara yang kedua adalah dengan melakukan pengecekan secara rutin, misalnya satu minggu sekali atau satu bulan sekali. Sebab, tekanan ban biasanya akan mengalami penurunan dalam kurun waktu tersebut. 

    Selain itu, pemeriksaan tekanan ban mobil juga wajib dilakukan ketika akan mengadakan perjalanan jauh. 

    • Berdasarkan Jenis Mobil

    Cara ketiga untuk mengetahui tekanan angin ban yang ideal adalah mengacu pada jenis mobil yang dikendarai yang pembagiannya adalah sebagai berikut:

    • Mobil Sedan: 30-33 psi
    • Mobil City Car: 30-36 psi
    • Mobil MPV: 33-36 psi
    • Mobil SUV: 35-40 psi