Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Mengatasi Kaca Mobil Macet dengan Mudah dan Cepat

    Ketika sedang perjalanan bersama keluarga untuk liburan, tiba-tiba kaca mobil macet. Bagaimanakah Anda mengatasinya? Tenang. Anda tidak perlu panik. Karena kali ini kita akan membahas tentang hal tersebut.

    Meskipun jendela yang macet membuat penumpang di dalamnya merasa tidak nyaman, lantaran tidak akan bisa melakukan drive-thru baik untuk pesan makanan atau urusan perbankan. Akan tetapi, ada trik yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. 

    Cara Mengatasi Kaca Mobil Macet

    Untuk bisa mengatasi kondisi kaca mobil yang tiba-tiba macet, bisa dilakukan dengan observasi dulu. Cari tahu apa yang jadi penyebab kerusakannya. Apakah karena usianya yang sudah terlalu tua dan sudah waktunya diganti atau karena kurangnya pelumas? 

    Begitu sudah menemukan penyebabnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk memperbaikinya. Berikut trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketika kaca jendela mobil mulai macet. 

            1. Bersihkan Bagian Karet yang Ada di Kaca Mobil

    Pertama-tama, bersihkan sisi karet yang ada di rel kaca mobil memakai kain bersih. Bisa juga ditambahkan kuas untuk menjangkau celah-celah kecil dan memudahkan proses pembersihannya. 

    Tujuan dari ini, untuk menghilangkan semua kotoran yang masih menempel di sela-sela karet kaca, sehingga mengakibatkan jendela macet dan tidak bisa dibuka atau ditutup.

            2. Semprotkan Silicon Spray

    Cairan ini difungsikan untuk membersihkan semua kotoran yang ada di kaca mobil, baik yang tampak maupun yang tersembunyi di sisi-sisi rel karet. Anda bisa langsung menyemprotkan silicon spray begitu kaca mobil macet. 

    Setelah silicon spray disemprotkan, segera bersihkan kotoran yang tampak menggunakan kain microfiber yang masih bersih dan kering. Lakukan berulang hingga kondisi kaca sudah mulus dan tidak macet lagi. 

            3. Pakai Semprotan Angin

    Ketika dua cara sebelumnya masih belum berhasil, Anda bisa memanfaatkan semprotan angin yang memiliki tekanan tinggi. 

    Kotoran yang masih bandel menempel di sela-sela kaca dan membuatnya macet akan langsung hilang. Cara ini juga bisa dipakai untuk menjangkau area sempit yang tidak bisa dijangkau dengan tangan. 

            4. Jaga Elastisitas Karet Kaca

    Ketika masa pakainya sudah mulai mendekati aus, karet kaca menjadi kurang elastis dan jadi lebih getas. Kondisi inilah yang bisa membuat kaca di mobil macet. Begitu karet di bagian kaca sudah terasa tidak elastis lagi, segera ganti dengan yang baru. Ini akan mencegah jendela mengalami macet ketika mobil tengah digunakan.