Berita

    Featured Image

    Ini Fungsi Intake Air Temperature Sensor dan Cara Kerjanya

    Salah satu sensor yang cukup penting yang biasanya terpasang di dalam mobil adalah Intake Air Temperature Sensor (IAT). Fungsinya mendeteksi adanya perubahan suhu udara yang masuk ke dalam mesin mobil. 

    IAT ini juga dilengkapi thermistor yang berfungsi sebagai sensor suhu yang dapat mendeteksi adanya perubahan temperatur. Jika ternyata suhu yang masuk rendah, maka nilai tahanan thermistor secara otomatis akan tinggi begitu juga sebaliknya. 

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di dalam IAT ini terdapat thermistor yang dapat menstabilkan suhu udara. Hal ini menyebabkan tahanan yang ada dalam thermistor berubah sesuai dengan pengaruh suhu sekitar.

    Thermistor sendiri memiliki dua macam yaitu Positive  Temperature Coefisien (PTC) dan Negative Temperature Coefisien (NTC). Untuk PTC nilai tahanannya akan tinggi jika udara disekitar juga tinggi. Sebaliknya untuk NTC nilai tahanannya akan rendah jika suhu di sekitar mobil panas. 

    Sehingga jenis thermistor yang digunakan di Intake Air Temperature Sensor adalah NTC. Fungsinya untuk menstabilkan suhu yang ada di IAT mobil. Jika udara sekitar mobil panas, maka tahanan suhunya menjadi rendah. Dan jika udara sekitar mobil dingin, maka tahanan suhu IAT secara otomatis akan rendah.

    Sehingga dapat disimpulkan bahwa fungsi sensor IAT adalah untuk mendeteksi dan menstabilkan suhu udara yang ada di sekitar mobil yang masuk ke dalam mesin mobil.

    Cara Kerja IAT Sensor

    Cara kerja IAT Sensor adalah Engine Control Unit (ECU) memiliki tegangan ke sensor yang ada di IATS melalui thermistor kemudian keluar melalui tegangan E2 output dan kemudian kembali dikirim melalui ECU.

    Kemudian ECU inilah yang menjadi dasar untuk menentukan seberapa besar debit bahan bensin yang diinjeksi. Dan banyaknya jumlah debit ini berdasarkan lamanya waktu bagian lubang injeksi yang membuka. Apakah lubang tersebut kecil atau lebar.

    Ciri-Ciri IAT yang Bermasalah 

    Berikut ini beberapa ciri-ciri Intake Air Temperature Sensor yang bermasalah yang wajib Anda ketahui:

    • Sulit Menyalakan Mesin

    Jika mobil Anda sulit untuk distarter, ada kemungkinan jika IAT mobil bermasalah. Hal ini bisa terjadi sebab sensor tidak bisa berfungsi dengan normal untuk menyeimbangkan suhu dalam mesin mobil.

    • Boros Bensin

    Salah ciri-ciri IAT mesin mobil Anda bermasalah adalah bahan bakar yang cepat habis. Penyebabnya ECU ini butuh udara yang berasal dari intake agar mesin dapat bekerja dengan normal. Dan jika intake bermasalah, maka bahan bakar mobil akan cepat habis.

    • Menurunnya Akselerasi Mobil