Berita

    Featured Image

    Ketahui Perbedaan Oli Sintetik dan Mineral

    Oli mesin terbagi dalam dua jenis yaitu oli sintetik dan mineral. Dua oli ini pun memiliki karakteristik yang berbeda. Sehingga ketika digunakan pada mobil, bisa terasa perbedaannya.

    Nah, Anda harus memahami perbedaan keduanya. Supaya saat akan mengganti pelumas pada mobil, Anda sudah tahu akan menggunakan oli yang mana. 

    Oli Sintetik vs Mineral, Apa Bedanya?

    Kedua oli ini – tentu saja, dari nama saja sudah berbeda. Jadi, dapat dimengerti jika ada perbedaan dalam aspek-aspek lainnya. Ingin tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini:

    • Bahan Baku

    Pelumas mineral berasal dari bahan baku minyak bumi. Bahan ini kemudian dilakukan pengolahan yang cukup panjang, hingga bisa menjadi oli.

    Sementara pelumas sintetik terbuat dari olahan bahan kimia. Keberadaan oli yang satu ini hasil dari kecanggihan teknologi bidang otomotif. Sebab molekul yang dihasilkan untuk pelumas merupakan rekayasa kimia yang menyerupai oli dari minyak bumi.

    Tujuannya supaya oli memiliki struktur yang lebih baik ketimbang dari bahan dasar mineral. Sehingga mampu melumasi mesin dan membuat performanya jadi maksimal.

    • Karakteristik

    Oli mineral minyak bumi memiliki kekentalan yang tinggi. Cocok untuk teknologi mobil konvensional yang sistem mesinnya lebih rumit.

    Sementara untuk oli jenis sintetik memiliki karakteristik lebih encer. Sehingga cocok untuk mobil yang memiliki celah konstruksi mesin yang sempit.

    Kekentalan pada oli ini bisa terlihat dari kemasan pelumas. Jadi, Anda bisa menentukan apakah mesin mobil cocok dengan kekentalan tersebut.

    • Suhu

    Perbedaan ketiga adalah mengenai suhu pada oli mesin mobil. Pada oli mineral, ketahanannya pada panas cenderung lebih rendah. Sementara untuk jenis sintetik, oli lebih tahan panas.

    Hal ini berpengaruh terhadap proses oksidasi oli. Pada jenis mineral, mudah teroksidasi karena tidak tahan panas. Berbeda dengan jenis sintetik yang lebih tahan lama karena tidak mudah oksidasi.

    • Kualitas

    Dari segi kualitas, kehadiran oli jenis sintetik mampu untuk melumasi mesin mobil lebih baik ketimbang mineral. Kehadiran dari pelumas ini memang untuk menyempurnakan jenis mineral yang kurang bisa melumasi mobil dengan baik. Apalagi untuk mobil keluaran terbaru.

    • Tingkat Keawetan

    Mana oli yang tahan lama? Jawabannya ada oli sintetik. Jenis yang satu ini jauh lebih lama ketimbang pada mobil dengan oli jenis mineral.