Berita

    Featured Image

    Tips! Durasi Mengemudi Mobil yang Aman

    Di dalam berkendara, pengemudi yang bertanggung jawab akan selalu memerhatikan durasi mengemudi demi keselamatan dirinya dan pengemudi lain. Durasi dalam berkendara menjadi hal yang vital, karena saat mengendarai mobil pengemudi membutuhkan fokus yang penuh.

    Lalu, bagaimana tips aman dalam aspek durasi ketika mengemudi? Anda wajib memerhatikan pembahasan artikel di bawah ini. Tujuannya agar Anda dan pengemudi lain dapat selamat di jalan dan tentunya menghindari kecelakaan lalu lintas.

    Yang Harus Diketahui Tentang Durasi Mengemudi Mobil yang Aman

    Sebagai pengemudi mobil dalam keseharian ataupun sedang melakukan perjalanan jarak jauh. Dibutuhkan pengetahuan dan informasi untuk tahu durasi yang aman dalam mengemudi. Hal tersebut karena manajemen perjalanan waktu sangatlah penting.

    Selain itu, hilangnya konsentrasi saat mengemudi dapat memicu kecelakaan atau hal-hal yang tak diinginkan di jalan raya. Berikut ini info dan tips durasi dalam mengemudi yang perlu Anda ketahui:

    • Aturan Undang-Undang

    Bagi para pengemudi mobil, wajib mengetahui peraturan Undang-undang tentang durasi dalam mengemudi yang aman. Aturan tersebut sudah ada di dalam pasal 90 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

    Pada pasal 90 UU Nomor 22 berisi tentang kewajiban pengemudi kendaraan bermotor umum wajib beristirahat setelah mengemudikan kendaraan selama 4 (empat) jam berturut-turut.

    Sehingga, hal ini sudah jelas apabila Anda mengemudi kendaraan lebih dari durasi yang diatur oleh Undang-undang. Maka, Anda sudah melanggar salah satu peraturan mengemudi.

    • Durasi Maksimal

    Hal kedua yang wajib diperhatikan saat mengemudi adalah durasi mengemudi yang paling maksimal. Selain peraturan dari Undang-undang, Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) juga memiliki informasi terkait durasi maksimal dalam mengemudi.

    Ketika mengemudi dalam keadaan lalu lintas lancar atau macet, dianjurkan 3 jam sekali untuk istirahat. Alasannya, jika lebih dari 3 jam maka pengemudi akan mengalami rasa bosan dan lelah dan akan kehilangan konsentrasi.

    JDDC juga mengatakan jika durasi paling maksimal dalam mengemudi adalah 12 jam. Setelah lebih dari 12 jam, pengemudi sangat diwajibkan untuk beristirahat penuh untuk mengembalikan konsentrasi dan kebugaran tubuh.

    Pexels.com
    • Waktu Istirahat