Berita

    Featured Image

    Ingin Tetap Awet? Berikut Tips Merawat Mobil Baru

    Memiliki kendaraan baru jangan hanya asal pakai saja. Sebaliknya, Anda harus mampu menerapkan berbagai tips merawat mobil baru agar tetap awet dan memiliki performa yang optimal. 

    Menariknya lagi, rangkaian perawatan mobil ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Tentunya, hal ini akan mengurangi biaya perawatan yang harus dikeluarkan dibandingkan dengan jika membawanya ke bengkel. 

    Dengan menjaga kondisi mobil tetap prima akan menguntungkan Anda di masa depan, yaitu berpeluang mendapatkan harga tinggi ketika akan dijual kembali. Sebenarnya, bagaimana cara melakukan perawatan yang tepat untuk mobil baru? Berikut ulasannya. 

    5 Tips Merawat Mobil Baru Agar Performa Tetap Optimal

    Merawat dan menjaga performa mobil baru tidak harus dibawa ke bengkel, melainkan bisa dilakukan sendiri di rumah. 

    Tidak harus setiap hari, Anda bisa melakukan perawatan yang diperlukan setiap satu atau dua minggu sekali. Atau, bisa juga saat memiliki waktu luang yang cukup panjang.  

    Jika aktivitas merawat mobil ini dilakukan secara rutin, maka akan membuahkan hasil yang memuaskan. Baik dari segi fisik maupun performa mesin, semua tetap dalam kondisi prima. Untuk perawatan mobil baru ada beberapa tips yang bisa diterapkan, antara lain: 

    • Gunakan BBM sesuai Jenis Mobil

    Setiap kendaraan memiliki standar tersendiri, termasuk dalam hal penggunaan bahan bakar yang menggunakan kadar oktan tertentu. Misalnya, untuk jenis kendaraan bermesin turbo umumnya menggunakan BBM dengan kadar oktan 92. 

    Walau saat ini banyak yang menawarkan jenis BBM yang lebih murah, sebaiknya tetap gunakan sesuai aturan pabrik. 

    Pasalnya, jika menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan yang lebih rendah dari standar pabrik, lambat laun akan berpengaruh pada performa mesin.

    • Jangan Biarkan Kotor 

    Tips merawat mobil baru agar tetap terlihat keren adalah segera mencuci dan tidak membiarkannya kotor, terutama saat musim hujan. Sebab, debu dan berbagai kotoran yang dibiarkan lama menempel akan semakin sulit untuk dihilangkan. 

    Selain itu, tampilan kendaraan Anda juga akan terlihat kumuh dan warna cat pun akan cepat pudar. Tidak hanya bodi mobil, bagian dalam juga harus dijaga agar tetap terlihat bersih. 

    Salah satunya adalah memastikan tidak ada sisa makanan atau sampah yang bisa mengundang serangga untuk menghuni di dalam mobil.