Berita

    Featured Image

    5 Bahaya Mematikan Mesin Mobil Tiba-Tiba

    Terkadang seorang pengendara mobil mematikan mobilnya terburu-buru dan tiba-tiba. Padahal, jika hal tersebut sering dilakukan bahaya mematikan mesin mobil tiba-tiba dapat berpengaruh buruk bagi kondisi mesin mobil.

    Sebenarnya, tidak perlu buru-buru dan secara tiba-tiba ketika mematikan mesin mobil. Alasannya cukup sederhana, hal tersebut dapat berakibat fatal pada kondisi mesin mobil. Agar Anda lebih memahami bahaya mematikan mesin mobil secara tiba-tiba, simak penjelasan artikel di bawah ini.

    Bahaya Mematikan Mesin Mobil Tiba-Tiba

    Banyak pakar otomotif yang berpendapat bahwa mematikan mesin mobil secara terburu-buru akan membuat mesin cepat rusak. Terburu-buru di sini maksudnya adalah misal Anda tidak mematikan AC mobil sebelum mematikan mesin.

    Jika Anda mengetahui bahaya yang akan dialami jika terlalu sering mematikan mesin tiba-tiba, Anda akan terhindar dari potensi kerusakan mesin mobil secara dini. Inilah 5 bahaya ketika terlalu sering mematikan mobil tiba-tiba:

            1. Gesekan Mesin Mobil Kasar

    Bahaya yang pertama adalah gesekan mesin mobil yang kasar dan ini yang dapat membuat mesin mobil Anda cepat rusak. Mematikan mesin mobil secara tiba-tiba dapat mengakibatkan mesin berhenti secara tiba-tiba dan membuat gesekan mesin yang kurang pelumas menjadi kasar.

            2. Mesin Mobil Akan Mengalami Kerusakan

    Kedua, tentu mesin mobil Anda akan mengalami kerusakan yang diakibatkan dari berbagai macam korsleting mesin. Jika Anda tidak memberikan jeda pada mobil sebelum dimatikan, semua komponen mobil akan secara tiba-tiba berhenti dan mengalami gesekan yang berpotensi rusak.

            3. AC Mobil Tidak Dingin

    Bahaya mematikan mesin mobil tiba-tiba berikutnya adalah AC mobil menjadi tidak dingin lagi. Hal ini dipengaruhi oleh freon yang mengalami kerusakan akibat terlalu sering dimatikan secara tiba-tiba. Selain itu, Anda tentu akan mengalami banyak masalah mesin yang runtut.

    Tidak hanya AC mobil yang berpotensi rusak, komponen lain yang vital dapat terpengaruh oleh kebiasaan Anda mematikan mesin tiba-tiba. Maka dari itu, perhatikan cara-cara mematikan mesin mobil dengan benar.

            4. Mobil Akan Berpotensi Akan Mogok

    Keempat, Anda akan berpotensi mengalami kemogokan dalam mesin mobil apabila terlalu sering mematikan mobil tiba-tiba. Gesekan mesin mobil yang kasar dapat melumpuhkan mesin-mesin mobil lainnya yang nanti berujung pada mobil yang tiba-tiba mogok dan tidak dapat dinyalakan.