Berita

    Featured Image

    Cylinder Head, Komponen Mesin Mobil dengan Banyak Fungsi Menakjubkan

    Sebagai jantung dari sebuah kendaraan, mesin tentu memiliki banyak komponen guna memastikan mobil  dapat digunakan semestinya. Salah satu komponen yang memiliki peran paling vital adalah cylinder head.

    Perlu diketahui bahwa letak cylinder head berada di dalam blok silinder kemudian diikat dengan baut. Selain harus tahan panas, cylinder head juga harus tahan dari tekanan tinggi selama mesin bekerja guna memastikan tingkat ketahanannya optimal.

    Ada dua bahan yang bisa dipakai untuk membuat kepala silinder, yaitu besi tuang dan paduan aluminium. Untuk kelebihan yang dimiliki, paduan aluminium jauh lebih baik karena mampu melakukan pendinginan yang jauh lebih baik.

    Dan berikut adalah beberapa fungsi utama dari cylinder head.

    • Tempat Oli Pelumas

    Ada beberapa bagian penting yang ada pada cylinder head termasuk barisan saluran oli pelumas. Saluran tersebut berfungsi untuk mengalirkan cairan ke bagian mesin yang membutuhkan.  Dengan demikian maka semua bagian katup pada kepala silinder dapat terlumasi dengan baik dan mencegah ausnya komponen pada mekanisme valve. Adanya kepala silinder juga akan meminimalisasi proses gesekan agar lebih lancar ketika kinerja mesin berjalan.

    Tak hanya itu, saluran tersebut juga terhubung dengan beberapa komponen lain di dalam cylinder blok yang ada pada mesin. Kombinasi antara blok mesin dan saluran oli akan membuat mesin bekerja dengan lebih optimal.

    • Tempat Air Pendingin Bersirkulasi Melalui Water Jacket

    Untuk menjaga mesin agar lebih bekerja optimal jika digunakan pada kecepatan tertentu, maka membutuhkan komponen kepala silinder. Mesin tidak boleh dalam kondisi overheat karena akan mempengaruhi kinerjanya. Hal inilah yang membuat kepala silinder berfungsi sebagai tempat atau saluran air pendingin melewati water jacket.

    Mobil yang digunakan dalam waktu yang lama dan kecepatan tertentu biasanya suhu mesin akan naik karena proses pembakaran. Beruntungnya terdapat air pendingin di kepala silinder dengan water jacket.  Hal tersebut membuat suhu yang panas tadi akan distabilkan sehingga menghindari terjadinya overheating pada mesin.

    • Tempat Dudukan Saluran Masuk dan Buang

    silinder head juga memiliki fungsi sebagai tempat atau saluran masuk (intake) dan exhaust (keluar). Saluran intake sendiri berfungsi sebagai pintu masuk udara ke dalam ruang bakar.Sedangkan, saluran exhaust digunakan sebagai kanal pembuangan hasil sisa pembakaran yang diatur oleh katup keluar. Dengan begitu, maka mesin akan bekerja lebih maksimal.

    • Tempat Pembakaran Campuran Udara dan Bahan Bakar