Berita

    Featured Image

    Ketahui Simbol Dari Bulatan Warna Kuning & Merah Pada Ban Mobil

    Bulatan warna kuning pada ban pasti akan Anda temukan di dinding komponen ini, apalagi jika Anda masih tergolong baru membelinya. Warna tersebut sepertinya akan nampak terlihat, begitu juga dengan bulatan merah yang akan Anda jumpai juga. 

    Sebagai komponen yang penting pada penggerak mobil, dua bulatan tersebut tentu tak sembarangan diletakkan begitu saja. Namun sayangnya, masih banyak yang belum memahami apa maksud dari dua bulatan tersebut. Untuk itu, akan dibahas di bawah ini!

    Arti Bulatan Warna Kuning pada Ban Mobil Anda

    Tak hanya sekadar hiasan atau asal tempel, warna kuning pada dinding ban juga memiliki makna yang harus dipahami oleh pengemudi.

    • Sebagai Penanda Ban

    Warna bulatan kuning di ban menunjukkan lokasi titik paling ringan yang ada pada ban. Selain itu juga menandakan bahwa titik tersebut menjadi titik yang tertinggi dari sebuah ban.

    • Light Static Balance

    Sebagai fungsi penanda keseimbangan ketika tengah memasang roda atau velg pada kendaraan Anda. Letak tanda kuning ini biasanya akan sejajar dengan letak pentil pada ban. Sebab, kehadiran bulatan warna kuning pada ban mobil akan menambah bobot berat.

    • Ban Lebih Balance Saat Berputar

    Agar dapat membuat ban lebih sejajar ketika berputar maka Anda perlu lakukan pengecekan setelah pemasangan ban, apakah bulatan warna kuning sudah sejajar dengan pentil ban atau belum. Agar dapat terhindar dari kecelakaan jika perputarannya tak seimbang.  

    Arti Bulatan Warna Merah pada Ban Mobil Anda

    Kebalikan dari titik warna kuning, bulatan warna merah pada ban menunjukkan bahwa itulah titik paling berat pada bagian ban. 

    • Tanda Peak Point

    Menunjukkan area yang paling melengkung yang ada pada ban dan menjadi titik tertinggi serta berat dari sebuah ban.

    • Agar Pemasangan Velg Jadi Balance

    Saat memasang velg, tanda merah pada ban harus berada di posisi sejajar dengan velg. Selaras agar meredam getar yang muncul ketika roda ban berputar begitu kendaraan dikendarai dan tengah melaju.

    Jadi, bulatan warna kuning pada ban mobil dan juga warna merah tersebut tak bisa dianggap sepele dan bukan hanya sekadar hiasan saja. Untuk itu, Anda sebagai pemilik kendaraan harus dapat memahami maksudnya. Sekarang, Anda sudah mengetahui fungsi kedua warna pada ban mobil Anda, berikutnya akan dibahas cara perawatan ban agar tak aus.

    Cara Perawatan Ban Agar Lebih Awet