Berita

    Featured Image

    Wajib Tahu! Penyebab Ban Mobil Sering Kempis

    Ban mobil kempis tidak hanya mengganggu aktivitas, tetapi juga bisa memicu bahaya ketika Anda berkendara. Soalnya, ban yang kempis dapat mempengaruhi kontrol Anda atas mobil dan meningkatkan risiko kecelakaan.

    Oleh sebab itu, penting untuk selalu memeriksa tekanan ban secara rutin dan memastikan semua ban dalam kondisi optimal. Namun, ban mobil terkadang masih sering kempis walaupun sudah dirawat dengan baik.

    Ini bisa jadi situasi yang membingungkan, terutama jika Anda tidak tahu apa yang menyebabkan masalah ini. Untuk membantu Anda memahaminya, simak dulu beberapa penyebab di bawah ini!

    5 Penyebab Umum Ban Mobil Kempis

    Ada beberapa penyebab umum yang menjadi sumber ban mobil Anda menjadi kempis, di antaranya:

    • Adanya Kebocoran Halus

    Salah satu penyebab paling umum dari ban mobil yang sering kempis adalah adanya bocor halus. Bocor halus ini terjadi ketika pori-pori pada permukaan ban mengalami kebocoran yang tidak kasat mata.

    Kebocoran ini memungkinkan udara untuk perlahan-lahan keluar dari ban, yang pada akhirnya menyebabkan ban menjadi kempis.

    Fenomena ini akan sering terjadi pada mobil yang jarang digunakan, terutama selama periode seperti pandemi, ketika mobil cenderung diparkir dalam waktu yang lama.

    • Suhu Lingkungan yang Dingin

    Suhu lingkungan juga dapat mempengaruhi tekanan udara dalam ban mobil Anda. Menurut hukum fisika, dalam ruang tertutup dan volume dijaga tetap, tekanan gas sebanding dengan suhu gas.

    Jadi, ketika suhu lingkungan sekitar turun, tekanan udara dalam ban juga ikut turun. Situasi ini menyebabkan ban mobil menjadi kempis.

    Selain itu, suhu dingin juga bisa membuat material karet ban mengerut, lalu menciptakan ruang kosong antara ban dan pelek. Ruang kosong ini memungkinkan udara untuk keluar, yang juga menyebabkan ban mobil kempis.

    Sumber: freepik
    • Pentil Ban Sudah Aus atau Rusak

    Pentil ban adalah komponen penting yang menjaga udara tetap di dalam ban. Namun, jika pentil ini rusak atau aus, udara dapat keluar dari ban dan menyebabkan ban menjadi kempis.

    Pentil yang rusak biasanya harus segera diganti untuk mencegah kehilangan udara lebih lanjut pada ban.

    Pentil yang rusak atau aus bisa umumnya terjadi pada mobil yang sudah cukup tua atau telah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

    • Pelek Mobil Anda Peyang atau Rusak