Berita

    Featured Image

    Tips Meninggalkan Mobil di Rumah Saat Mudik

    Mudik ke kampung halaman sudah jadi budaya masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya dengan berbagai moda transportasi yang bisa dipilih. Nah, bagi yang punya mobil pribadi, ada tips meninggalkan mobil saat mudik menggunakan moda transportasi umum.

    Mudik lebaran pada 2022 sudah diperbolehkan oleh pemerintah. Namun, tetap harus mematuhi beberapa peraturan yang berlaku. Sebagian orang memilih transportasi umum untuk mudik karena dirasa lebih aman. Jika menggunakan mobil pribadi, harus jaga kesehatan fisik serta mental agar bisa menempuh perjalanan mudik yang jaraknya jauh sampai kampung halaman.

    Lalu, bagaimana nasib mobil yang ditinggal pemiliknya di rumah? Berikut adalah tips ketika kalian ingin meninggalkan mobil di rumah saat mudik:

            1. Mencuci Mobil

    Sebelum meninggalkan mobil di rumah untuk mudik, kalian sebaiknya mencuci mobilnya terlebih dahulu. Tidak hanya bertujuan untuk menghilangkan kotoran, tapi juga melindungi mobil dari karat, jamur, dan semacamnya.

    Selain eksterior, interior mobil turut dibersihkan. Disarankan, kalian juga menggunakan pewangi interior mobil yang wanginya tidak terlalu menyengat.

    Ini bertujuan untuk menghindari mobil yang ditinggal mudik dalam waktu lama tercium bau tak sedap dari ruang kabinnya. Oleh karena itu, taruh pewangi atau anti-lembab khusus kabin mobil setelah membersihkan mobilnya.

    Setelah itu, dapat dipanaskan mesin mobil agar semua komponen di dalam mobilnya bisa terlumasi sebelum beristirahat dalam waktu lama.

            2. Tidak Menggunakan Rem Tangan

    Sebaiknya hindari sering menggunakan rem tangan untuk menahan mobil di rumah agar tidak bergerak.

    Jika punya garasi dengan tingkat kemiringan cukup besar, disarankan menggunakan ganjalan seperti batu bata, balok kayu, dan sebagainya di roda depan serta belakang untuk menahan mobil.

    Tips satu ini sebenarnya juga untuk menghindari mobil tergelincir serta mengurangi beban pada roda mobilnya yang diganjal. Dengan demikian, mobil kalian tidak akan bergerak atau tergelincir jika diganjal dengan batu maupun balok kayu.

            3. Mencabut Kabel Aki dan Menyimpannya di Tempat Aman

    Tips ini sangat disarankan bagi kalian yang mudik ke luar kota tanpa menggunakan mobil pribadi dalam jangka waktu lama dan tidak ada orang di rumah untuk memanaskan mobilnya.

    Jika kabel akinya terus dipasang, bisa memicu aki tersebut mudah rusak. Sistem listrik pada mobil pun terganggu. Nantinya, kalian tidak bisa menjalankan mobilnya dengan baik.