Berita

    Featured Image

    Penyebab Oli Mesin Cepat Berkurang

    Ini Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang & Solusinya

    Sering terjadi, tiba-tiba oli mesin mobil cepat sekali berkurang, sehingga sering menimbulkan masalah pada kendaraan. 

    Penyebab oli berkurang ini cukup beragam. Biasanya, untuk mengetahui penyebab yang pasti, bisa diketahui dari gejala yang bisa dilihat pada mobil.

    Oli sendiri memiliki peran penting bagi kendaraan termasuk mobil. Oli berguna untuk menahan gesekan antar komponen mesin mobil agar tidak cepat aus dan rusak.

    Dalam pemakaiannya, oli akan mengalami penguapan sekitar 10 % dari volume total. Apabila melebihi itu, maka harus segera dicari penyebabnya.

    Faktor Yang Menyebabkan Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang

    Berkurangnya volume oli karena pemakaian, memang wajar. Biasanya, volume oli akan mengalami penguapan sekitar 10% dari volume total saat dilakukan penggantian oli. 

    Apabila oli mesin cepat sekali berkurang, mungkin penyebabnya salah satu di hal di bawah ini.

    • Seal Mesin Mengalami Kebocoran

    Faktor yang menyebabkan oli mobil bisa cepat berkurang, bisa terjadi akibat adanya kebocoran mesin. Kebocoran mesin ini sebenarnya merupakan kebocoran yang terjadi pada seal packing yang posisinya berada di sela bagian sambungan mesin.

    Pada semua kendaraan bermotor, baik itu mobil atau motor, menggunakan seal pada bagian sambungan mesin. Karena pemakaian yang cukup lama, seal tersebut akan mengeras, dan bisa berakibat seal mengalami robek.

    Akibat rusaknya seal pada bagian sambungan mesin tersebut, maka oli mesin akan cepat sekali mengalami penguapan dan habis.

    Hal ini bisa diketahui dengan melihat seal pada bagian sambungan mesin. Apabila terdapat rembesan oli di tempat tersebut, itu artinya seal mengalami kerusakan.

    • Kerusakan Pada Ring Piston

    Oli mesin mobil yang cepat sekali berkurang juga bisa disebabkan adanya kerusakan pada ring piston atau seher. Kerusakan ini  bisa dilihat dari asap knalpot yang berwarna putih, yang kadang terjadi saat mesin mobil dinyalakan.

    Keluarnya asap putih pada knalpot terjadi karena oli yang ikut terbakar pada saat terjadi proses pembakaran pada mesin mobil. Oli yang terbakar tersebut akan masuk ke dalam piston, dan akhirnya akan keluar dalam bentuk asap berwarna putih pada knalpot mobil.

    Warna asap putih yang keluar dari knalpot mobil bisa digunakan untuk mengetahui tingkat keparahan kerusakan yang terjadi. Semakin pekat asap putih yang keluar, maka menjadi tanda, bahwa tingkat kerusakan sudah semakin parah. 

    • Kerusakan Pada Ring Seher (Penahan Oli Pada Ruang Pembakaran)