Berita

    Featured Image

    Mengenal Bagian Head Unit Mobil dan Fungsinya

    Saat membeli kendaraan, tentu Anda ingin memiliki bagian head unit mobil dengan sejumlah fungsi untuk berkendaraan dengan nyaman. Maka dari itu penting sekali untuk mengenal komponen dari dashboard mobil Anda sendiri.

    Dashboard mobil menyediakan informasi untuk memperhatikan kondisi kendaraan selama dioperasikan mulai dari tingkat kecepatan, indikator bahan bakar, dan lainnya. Peran ini dapat membantu pengemudi memaksimalkan penggunaan mobil mereka

    6 Bagian Head Unit Mobil dan Fungsinya

    Ada beberapa bagian head unit yang perlu Anda ketahui pada mobil beserta dengan kegunaan peran yang beragam. Tentunya komponen ini bisa Anda gunakan sebaik mungkin sesuai dengan fungsinya.

    • Laci Dashboard

    Laci adalah salah satu tempat di sekitar head unit mobil yang digunakan untuk menyimpan barang di dalam agar kendaraan Anda tetap bersih dan rapi. 

    Biasanya bagian ini terletak di depan kursi penumpang depan untuk menyimpan barang seperti kotak P3K, perkakas, senter, dan lainnya.

    Untuk menggunakan laci, pastikan Anda tidak menyimpan barang yang berbahaya seperti zat kimia. Hal ini dikarenakan bisa beresiko terjadinya reaksi terhadap zat tersebut yang bisa membahayakan keselamatan mobil Anda.

    • Lampu Indikator

    Lampu berguna untuk menampilkan informasi yang terdapat pada indikator mesin mobil. Biasanya informasi yang tertera mulai dari kondisi tangki bensin, speedometer, airbag mobil, dan lain-lain.

    Bagian ini terlihat di balik setir kemudi mobil yang bisa terlihat sehingga dapat terlihat dengan mudah oleh pengemudi. 

    Dengan begitu, pengemudi pun dapat mengendalikan mobilnya sesuai dengan informasi indikator yang ada di dalam kendaraan. 

    • Setir Mobil

    Setiap mobil pasti dilengkapi dengan tuas dan setir yang menjadi komponen utama untuk mengendalikan kendaraan. Bagian dashboard ini dapat memudahkan Anda untuk mengatur jarak, mengoperasikan arah, dan mengendalikan pergerakan mobil.

    Anda bisa memutar setir ke kanan atau ke kiri dengan mudah untuk mengubah arah mobil berjalan. Bagian ini juga dilengkapi dengan klakson yang berfungsi sebagai tanda peringatan ke pengguna jalan di sekitar.

    • Kunci Kontak 

    Bagian head unit mobil selanjutnya adalah kunci kontak yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan kendaraan saat dibutuhkan. Biasanya terletak pada bagian kanan bawah setir sehingga mudah dijangkau oleh pengemudi.

    Pada umumnya, kunci kontak memiliki sistem keamanan dengan penguncian khusus agar mencegah dari pencurian. Contohnya seperti sistem immobilizer yang dapat mencegah mesin hidup apabila kunci yang dimasukkan tidak cocok.

    • Panel Hiburan

    Ini merupakan komponen utama dari bagian head unit yang berfungsi untuk memfasilitasi hiburan selama perjalanan Anda. Perangkat ini terdiri dari sistem audio, layar LCD, dan tombol kontrol yang berguna untuk mengoperasikan sistem hiburan di dalam mobil.

    panel hiburan

    Melalui head unit ini, Anda bisa mengontrol pemutaran musik, volume suara, hingga akses stasiun radio sesuai keinginan. Beberapa fitur yang tersedia di mobil juga sudah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth sehingga bisa menghubungkan dengan ponsel pintar.

    • Port USB Internal

    Di dekat bagian panel hiburan, head unit mobil juga sudah dilengkapi dengan USB internal yang berfungsi untuk melakukan aktivitas hiburan dengan ponsel pintar. Anda bisa melakukan sambungan data untuk menggunakan fitur hiburan di dalam mobil.

    Tidak hanya itu, komponen ini juga berguna untuk mengisi daya isi baterai secara optimal. Tentu Anda tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu baterai handphone Anda sedang habis di perjalanan.