Berita

    Featured Image

    Keuntungan dan Kerugian Memasang Peredam Mobil

    Suara berisik mesin maupun suara dari kendaraan di luar terkadang dapat sangat mengganggu. Untuk mengatasi hal tersebut kini banyak mobil yang dipasang peredam mobil dengan maksud untuk mengurangi suara bising dari luar atau mesin. 

    Peredam ini sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, apa saja? Berikut ulasannya.

    Keuntungan Peredam Suara Mobil

            1. Mobil Lebih Nyaman

    Keuntungan yang pertama memasang peredam adalah mobil menjadi lebih nyaman. Peredam yang dipasang di beberapa komponen mobil dapat meredam suara gesekan ban dan suara dari luar sehingga Anda tidak mendengar suara bising di dalam mobil. 

    Dengan begitu, berkendara pun menjadi lebih nyaman dan Anda juga bisa lebih fokus ketika menyetir. 

            2. Audio terdengar jelas

    Suara berisik klakson atau mesin dari luar terkadang dapat membuat audio atau radio tidak terdengar jelas. Dengan memakai peredam maka audio akan terdengar lebih jernih dan jelas. Oleh karena itu, banyak pengendara memasang peredam untuk meningkatkan kualitas suara audio musik di dalam mobil. 

            3. Melindungi Kap Mesin

    Tidak hanya dapat mengurangi suara bising di dalam mobil, ternyata peredam juga memiliki fungsi lain yaitu dapat melindungi komponen dari panas matahari. Misalnya yaitu ketika peredam diletakkan di kap mesin, atap dan lantai. 

    Kekurangan Peredam Mobil

            1. Mobil Lebih Terbebani

    Selain menguntungkan, memasang peredam pada mobil juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya yaitu mobil menjadi lebih terbebani. Peredam yang terlalu banyak diaplikasikan di komponen mobil menyebabkan mobil bekerja lebih berat terutama pada peredaman aspal.

            2. Dapat Berbahaya

    Suara senyap mungkin memang lebih nyaman dan tenang. Namun, di sisi lain juga bisa membahayakan, sebab Anda tidak bisa mendengar isyarat atau bunyi klakson dari luar mobil.  Oleh karena itu, Anda tidak boleh memasang peredam terlalu banyak agar Anda masih bisa mendengar bunyi klakson dari kendaraan lain.

            3. Cepat Aus

    Kerugian berikutnya yaitu komponen menjadi lebih cepat aus. Terutama jika Anda memasang peredam berat pada engsel pintu, semakin lama akan menyebabkan pintu mobil menjadi lebih cepat aus.