Berita

    Featured Image

    Ketahui Fungsi Washer Mobil, Komponen Beserta Cara Kerjanya

    Agar kaca mobil terlihat bersih tidak cukup hanya dengan menggunakan wiper saja. Ada fitur lain yang bisa membantu meringankan beban kerja dari wiper yaitu washer. Apa sajakah komponen dan fungsi washer, serta bagaimana cara kerjanya? Berikut ulasannya. 

    Washer sendiri terdiri dari 5 komponen dengan fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda. Untuk lebih memahami, perhatikan cara kerja dan fungsi dari masing-masing komponen tersebut. 

    1. Tangki Washer

    Komponen pertama yang disebut washer tank atau tangki washer ini berfungsi sebagai media untuk menampung fluida pembersih kaca mobil. Bentuknya sendiri cukup bervariasi karena tergantung dari posisi penempatan dan bentuk rangka dari kendaraan. 

    2. Nozzle

    Komponen yang kedua adalah lubang penyemprot atau nozzle. Terbuat dari pipa tembaga aluminium (resin) yang bagian ujungnya terdapat satu atau dua lubang berdiameter 0,8-1,0 mm. Sedangkan fungsi dari nozzle adalah untuk menyemprotkan fluida pembersih kaca.

    3. Selang

    Untuk komponen ketiga adalah selang atau hose yang fungsinya untuk menghubungkan pompa washer dengan nozzle. Dengan adanya selang ini maka fluida pembersih bisa disemprotkan ke kaca mobil. 

    4. Motor Washer

    Komponen berikutnya yang ada pada washer adalah motor washer. Fungsinya adalah untuk menggerakkan pompa sehingga fluida pembersih di dalam washer tank bisa terdorong untuk mengalir dan akhirnya disemprotkan ke kaca mobil. 

    Ada dua jenis motor washer mobil yang paling umum dipakai, yaitu: 

    • Wound Motor : Kumparan tunggal yang menghasilkan gaya elektromagnetik. 
    • Ferrite Magnet : Medan magnet yang dihasilkan oleh magnet permanen. 

    Sedangkan bagian pompa washer memiliki beberapa tipe yang umum digunakan, yaitu tipe roda gigi, Squeeze, dan tipe Sentrifugal. Dari ketiga tipe ini Sentrifugal merupakan jenis pompa yang memiliki ketahanan dan masa pakai cukup lama. 

    Ini dikarenakan bagian-bagian dari pompa tersebut tidak saling bersinggungan. Walau demikian, Sentrifugal juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menghisap fluid pembersih ketika posisi tangki ada di bawah pompa. 

    5. Cairan Pembersih

    Komponen terakhir adalah cairan pembersih yang terdiri dari zat anti beku, zat anti karat, dan ditambah dengan detergen. Fungsi dari cairan pembersih ini untuk menghalau segala jenis kotoran yang menempel pada kaca mobil, baik yang bagian depan maupun belakang.