Berita

    Featured Image

    Cara Merawat Cat Mobil Warna Hitam Agar Makin Keren

    Selama bertahun-tahun, industri otomotif mengeluarkan beragam jenis mobil dengan berbagai warna. Namun tak dapat dipungkiri bahwa cat mobil warna hitam masih menjadi primadona. 

    Alasannya adalah warna hitam terlihat mewah, elegan, dan maskulin. Warna hitam juga dinilai tidak cepat kotor.

    Namun bagaimanapun juga Anda tetap harus merawat cat mobil Anda sekalipun berwarna hitam. Hal ini untuk menghindari kusamnya warna hingga terkelupasnya cat. Simak cara-caranya di bawah ini untuk merawatnya.

    Merawat Cat Mobil Warna Hitam

    Mobil berwarna hitam memang terlihat keren. Namun hal tersebut tidak akan bertahan lama bila Anda tidak merawatnya. Maka dari itu, simak cara mengilapkan mobil berwarna hitam di bawah ini:

    • Rutin Mencuci dan Mengelap

    Banyak orang mengatakan bahwa cat warna hitam membuat mobil tidak terlihat cepat kotor. Namun bukan berarti Anda tidak mencucinya secara rutin. 

    Dengan mencuci secara rutin, Anda bisa membersihkan kotoran yang membuat mobil Anda kusam serta berpotensi menggores cat.

    Selain itu, jangan lupa untuk segera mengelapnya. Bila tidak segera dilap, maka tetesan air bekas cucian dapat membekas di cat mobil Anda. Lakukan cara ini satu atau dua minggu sekali.

    • Jangan Menggunakan Deterjen

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci mobil. Salah satunya adalah jangan menggunakan sabun berbahan deterjen. Deterjen dapat membuat cat mobil lebih cepat kusam, terutama cat warna hitam.

    Maka dari itu, sebisa mungkin Anda menggunakan sabun khusus cuci mobil karena ia mengandung zat-zat yang aman untuk body mobil Anda. Bila tidak Anda, carilah sabun tanpa deterjen.

    • Jangan Mengelap Sembarangan

    Di atas sudah disinggung bahwa Anda perlu segera mengelap mobil setelah dicuci. Namun Anda tidak bisa mengelapnya sembarangan karena dapat menimbulkan goresan pada cat mobil.

    Maka dari itu, lakukanlah secara searah dengan lap yang berbahan microfiber karena mempunyai daya serap yang kuat. Selain itu, bahan ini juga dapat membersihkan kotoran yang masih menempel.

    • Menggunakan Compound

    Compound merupakan bahan yang dipoles ke cat mobil agar mobil terlihat mengilap. Zat ini juga dapat membasmi jamur yang menempel pada cat mobil warna hitam sehingga terlihat lebih mengkilap dan mulus.