Berita

    Featured Image

    Kenapa Suhu AC Mobil Sering Berubah? Ini Penyebabnya

    Apakah Anda pernah alami suhu AC mobil sering berubah? Pada awalnya dingin, lalu tiba-tiba nanti menjadi panas dan bahkan panasnya bisa dalam waktu yang cukup lama.

    Atau bahkan menjadi terlalu dingin dari yang seharusnya sehingga Anda pun menjadi sangat kedinginan dan menggigil.

    Kalau sering mengalaminya, tenang, Anda tidak sendiri, sebab banyak orang yang juga mengalaminya.

    Sebagai salah satu komponen yang sangat penting pada mobil, perubahan suhu AC seperti demikian akan sangat mempengaruhi kenyamanan Anda saat mengendarainya.

    Lantas, apakah penyebabnya?

    Berbagai Penyebab Suhu AC Mobil Sering Berubah

    Terdapat berbagai macam penyebab atau faktor yang menjadi alasan mengapa suhu AC mobil sering tidak stabil.

    Untuk mengetahuinya, Anda dapat melihat berbagai pembahasan berikut ini:

    • Kekurangan atau Kehabisan Refrigeran

    Sebagai sebuah benda yang mampu membuat AC mobil menjadi dingin, kekurangan atau bahkan kehabisan refrigerant atau paling umum disebut sebagai “freon” akan membuat suhu AC menjadi tidak stabil.

    Memiliki bentuk berupa gas, refrigeran pada prosesnya akan berubah menjadi cair ketika menyerap panas dan lalu mengalirkan suhu dinginnya ke dalam ruang mobil lewat kondensor.

    Dalam proses ini, jumlah refrigeran harus mencukupi agar sistem pendinginan bisa berjalan dengan baik dan konsisten demi kenyamanan saat berkendara. 

    • Kompresor pada AC Bermasalah

    Ketika menjalani proses penyerapan panas lalu mengubahnya menjadi dingin, refrigeran yang awalnya berbentuk gas akan diubah menjadi cair melalui kompresor AC.

    Jika kompresor ini bermasalah, proses penyerapan panas dan pengubahannya menjadi dingin tidak dapat berjalan dengan baik sehingga menimbulkan suhu ruang pada mobil Anda menjadi panas dan sesak yang kemudian mengurangi kenyamanan.

    Untuk itu, pergantian kompresor pun harus dilakukan agar proses pendinginan dapat berjalan kembali dengan baik dan efisien.

    • Kondensor yang Tersumbat

    Menjadi komponen yang berguna sebagai saluran untuk menyerap suhu panas dan mengalirkan dingin oleh refrigeran, kondisi kondensor juga penting untuk diperhatikan.

    Ketika kondensor tersumbat terutama akibat debu yang menumpuk, maka suhu AC mobil sering berubah karena transfer panas dan dingin tidak berjalan dengan baik.

    Untuk mengatasinya, Anda harus rutin dalam membersihkan kondensor mobil secara rutin demi kenyamanan saat berkendara.

    • Evaporator Kotor

    Merupakan tempat untuk menampung uap dingin yang dihasilkan pada proses pendinginan AC oleh refrigeran, kebersihan evaporator juga perlu dijaga.

    Sebab, ketika evaporator kotor akibat debu atau kotoran, uang dingin yang tersimpan di dalamnya tidak dapat keluar dengan baik menuju ruangan mobil Anda.

    Dengan demikian, ruangan tidak akan dingin dan sejuk secara maksimal sehingga kenyamanan saat berkendara pun terganggu.

    • Masalah Terkait Kelistrikan

    Memiliki sistem kelistrikan yang baik pada seluruh komponen yang ada di dalam mobil sangat penting untuk menjaga suhu AC tetap stabil.

    Oleh karena itu, ketika kelistrikan pada mobil mengalami masalah, penggunaan daya pada mobil akan meningkat yang kemudian akan mengganggu kinerja AC sehingga proses pendinginan pun menjadi tidak berjalan dengan efisien.

    Jadi, pastikan kelistrikan pada mobil Anda tidak terjadi masalah dengan cara melakukan pengecekan rutin di bengkel terpercaya.

    • Komponen Mobil yang Aus

    Selain masalah kelistrikan, komponen mobil yang sudah aus juga bisa membuat suhu AC menjadi tidak stabil.

    Sebab, komponen yang aus jika dibiarkan dapat mempengaruhi turunnya kinerja keseluruhan dari proses pendinginan pada AC mobil.

    Oleh itu, segera ganti komponen yang aus serta lakukan servis berkala pada bengkel terpercaya agar mobil Anda tetap baik kualitasnya.