Berita

    Featured Image

    Kenali Arti, Fungsi dan Jenis Kunci Ban Mobil

    Sadar maupun tidak, kunci ban mobil mempunyai peran yang begitu penting yang dapat memastikan keselamatan serta kenyamanan berkendara pengemudi. Jika tidak menggunakan kunci yang tepat, pengemudi tidak bisa membuka maupun mengunci baut roda serta mengganti ban ketika dalam kondisi yang darurat. 

    Oleh sebab itu, memahami fungsi dan jenis kunci ban menjadi hal yang penting. Berikut informasi mengenai arti hingga jenis dari kunci ban. 

    Pengertian Kunci Ban Mobil

    Kunci ban kendaraan merupakan peralatan yang sering digunakan untuk mengacu atau membuka baut pengait di roda mobil. Baut pengait ini adalah komponen yang bisa membuka serta mengunci ban sehingga bisa dilepas dari velg. 

    Pada dasarnya, kunci ban mempunyai ukuran serta bentuk berbeda, bergantung dari tipe dan merek mobil. Kunci biasanya terdiri dari 2 bagian, yakni kunci yang memiliki bentuk layaknya pemutar serta bagian pengait yang memiliki bentuk layaknya tongkat.

    Kunci ini umumnya digunakan dengan menyisipkan bagian kunci di pengait, kemudian memutarnya hingga baut ada di posisi yang tepat. Bagian pengait nantinya akan digunakan untuk membuka baut. 

    Fungsi Kunci Ban Mobil

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kunci ban menjadi alat penting untuk pengendara. Lebih-lebih kunci ini mempunyai fungsi yang begitu krusial agar dapat menjamin keselamatan serta kenyamanan berkendara. 

    Berikut berbagai fungsi lain yang dimiliki kunci ban ini, antara lain:

            1. Membuka serta Mengunci Baut

    Mengunci serta membuka pengait roda merupakan proses penting serta harus dilakukan dengan baik agar keselamatan berkendara dapat terjamin. Kunci ban yang sesuai akan memudahkan kita membuka baut serta memastikan baut pengait terkunci dengan baik setelah melakukan penggantian ban. 

            2. Memastikan Pengendara Aman

    Kunci ban juga dapat memastikan jika roda mobil tidak akan bergeser atau lepas ketika berkendara. Kunci ini menjaga sehingga baut pengait roda bisa terikat di roda serta memastikan jika roda tidak terlepas secara tiba-tiba. Hal tersebut penting agar mencegah kecelakaan serta memastikan kenyamanan berkendara. 

            3. Menjaga Kondisi dari Sistem Suspense

    Kunci ban juga dapat membantu menjaga kondisi dari sistem suspense sehingga sempurna. Kunci ini bisa memastikan jika tekanan serta beban yang terjadi di suspense ketika mobil berjalan tidak berdampak pada kerusakan komponen serta mempengaruhi kenyamanan. 

    Jenis Kunci Ban