Berita

    Featured Image

    8 Masalah Mobil Matic, Yang Sering Terjadi

    8 MASALAH YANG SERING TERJADI PADA MOBIL MATIC

    8 Masalah Mobil Matic ā€“ Mudah dikendarai dan lebih praktis menjadi alasan utama mobil transmisi otomatis atau mobil matic digemari banyak orang. Namun layaknya dengan mobil jenis manual, mobil transmisi otomatis juga tak lepas dari permasalahan yang kerap membuat performanya jadi menurun. 

    Penting bagi Anda terutama pemilik mobil transmisi otomatis untuk mengetahui masalah apa saja dan penyebabnya agar bisa terhindar permasalahan tersebut tidak terjadi pada mobil kesayangan Anda. Simak ringkasan di bawah ini!

    • Mobil Bergetar

    Gejala permasalahan paling umum pada mobil transmisi otomatis adalah muncul getaran yang mengganggu. Hal ini menunjukkan adanya masalah pada transmisi dan juga mesin mobil Anda. Biasanya disebabkan oleh kondisi kampas kopling yang sudah aus sehingga terjadi gesekan pada kampas kopling.

    • Perpindahan Gigi Tidak Halus

    Masalah lain yang kerap terjadi adalah terjadi hentakan ketika Anda melakukan perpindahan gigi. Hal ini menyebabkan setiap kali Anda berpindah gigi jadi tidak terasa halus. Jika mobil Anda mengalami gejala ini, sebaiknya periksa bagian sistem kelistrikan karena bisa jadi penyebabnya ada di sana. 

    • Gigi Mundur Macet

    Permasalahan yang kerap terjadi pada mobil matic lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah gigi mundur yang sering macet. Penyebab mobil tidak bisa mundur meski sudah memindahkan transmisi ke posisi R ini biasa disebabkan oleh kerusakan pada komponen automatic transmission mobil Anda. Penyebab lainnya dari gigi mundur yang macet juga bisa jadi disebabkan oleh tuas gigi yang sudah rusak. Tak hanya gigi mundur saja, jika terjadi kerusakan pada tuas gigi Anda tidak akan bisa memindahkan tuas gigi ke semua titik yang ada pada simbol torsi. Gigi akan tersangkut dan tidak bisa dipindahkan dari posisi ā€œPā€ pada simbol torsi atau posisi parking. 

    • Suara Mengganggu Saat Posisi Netral

    Munculnya suara-suara mengganggu pada komponen transmisi terutama ketika Anda sedang berada di posisi netral biasanya disebabkan oleh bagian bearing dan input shaft yang aus. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda segera membawa mobil matic ke bengkel resmi Suzuki untuk melakukan perbaikan dan terhindar kerusakan yang lebih parah lagi. 

    • Oli Transmisi Bocor