Berita

    Featured Image

    Kenali apa saja jenis kopling mobil dan perbedaannya.

    Kopling mobil merupakan komponen penting yang memastikan kendaraan dapat melaju dengan aman dan lancar. Kopling tidak hanya ada di mobil manual. Sebenarnya di mobil matic pun ada, dengan jenis kopling mobil yang berbeda. 

    Kopling pada mobil berfungsi sebagai penghubung roda gigi transmisi dan poros engkol. Memutus juga menyambung tenaga yang berasal dari mesin ke transmisi gigi. Sehingga pengendara bisa mengatur kecepatan mobil sesuai kebutuhan. 

    Fungsi Kopling

    Selain memutus serta menyambung tenaga mesin ke roda, kopling mempunyai beberapa fungsi lain. Di antaranya yaitu :

    • Mempermudah perpindahan gigi saat mobil melaju, membuat gerakan mobil jadi lebih halus
    • Mengangkat mesin ketika mobil akan bergerak
    • Menghentikan laju mobil tanpa perlu mematikan mesin. 
    • Membantu pengereman 

    Jenis Kopling Mobil

    Kopling mobil terdiri dari beberapa macam. Setiap jenisnya dipasang pada kendaraan yang berbeda. Berikut ini jenis-jenis kopling mobil yang umumnya dipakai:

    • Kopling Manual

    Pasti Anda sudah cukup familiar dengan kopling jenis manual. Disebut sebagai manual karena cara menggunakannya memang manual. Pengemudi bisa langsung mengendalikan kopling melalui pedal yang biasanya ada di bagian paling kiri. 

    Kebanyakan orang mengakui bahwa untuk menggunakan mobil dengan kopling manual membutuhkan keterampilan. Pasalnya, pengendara harus bisa mengendalikan kopling dengan pas dan cekatan agar mobil dapat bergerak dengan halus. 

    • Kopling Otomatis 

    Kopling otomatis adalah jenis yang ada di mobil-mobil matic. Pengemudi tidak perlu mengendalikan sendiri kopling, karena sudah dipasang transmisi otomatis. Maka pada bagian bawah kabin hanya terdapat 2 pedal, gas dan rem. 

    Jenis kopling yang satu ini membuat pengendara bisa membawa mobil dengan lebih mudah dan tetap aman. Badan juga tidak akan cepat lelah saat berada di situasi jalanan macet. Karena Anda tidak harus menginjak penuh kopling untuk menjaga mesin tetap menyala. 

    • Kopling Plat Tunggal

    Selanjutnya ada yang disebut dengan kopling plat tunggal. Disebut tunggal karena hanya terdapat satu piringan. Biasanya dipasang pada mobil matic. 

    Jenis kopling ini lebih praktis dan cara kerjanya lebih mudah dibanding kopling plat ganda.

    • Kopling Plat Ganda