Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Memperbaiki Aki Kering

    Aki merupakan komponen penting karena menjadi sumber energi untuk kelistrikan mobil. Orang biasanya memilih aki kering yang minim perawatan. Namun, jenis aki ini juga bisa rusak sewaktu-waktu. Ketahui bagaimana cara memperbaiki aki kering yang soak.

    Supaya Anda bisa langsung memperbaikinya saat menemukan gejala-gejala kerusakan. Aki kering yang tidak membutuhkan banyak perawatan bisa soak bila pemilik kendaraan kurang telaten. 

    Misalnya lupa memanaskan mesin mobil untuk waktu yang lama. Atau membebani aki melebihi kapasitas normalnya. 

    Maka, wajar saja jika aki kering pun akhirnya jadi soak. Anda bisa memperbaiki sendiri aki yang rusak di rumah. Namun, kenali dulu seperti apa gejala aki kering mobil yang soak. 

    Cara Memperbaiki Aki Kering

    Aki kering yang soak bisa diketahui dari beberapa hal. Cara paling mudah untuk mengenalinya yaitu dari suara klakson yang kurang nyaring dan lampu mobil yang lebih redup dari biasanya. 

    Selain itu aki kering yang sudah soak juga ditandai dengan mesin mobil yang jadi sulit dinyalakan. Karena saat menstarter mobil, dibutuhkan aliran listrik untuk menghasilkan bunga api yang dapat membuat mesin mobil menyala.

    Ketika mobil Anda menunjukkan ciri-ciri seperti itu, artinya sudah waktunya aki mobil Anda diperbaiki. Cara memperbaikinya bisa dengan membongkar aki dan mengisi kembali cairan aki. Anda bisa memilih teknik jumper menggunakan bantuan dari aki lain. Berikut ini penjelasannya: 

    • Memperbaiki Aki Kering dengan Dibongkar

    Cara memperbaiki aki kering pertama bisa dengan membongkar aki mobil. Tujuannya yaitu untuk mengisi air aki atau yang disebut dengan zuur. Berikut ini langkah-langkahnya:

            - Memutuskan Arus Aki

    Pertama putuskan sambungan arus aki. Namun sebelum itu pastikan mesin mobil sudah dalam keadaan mati. Baru setelah itu lepas kedua kabel, mulai dari yang positif kemudian ke negatif. 

    Lakukan dengan hati-hati dan urutannya harus dari positif dulu baru ke negatif, agar tidak terjadi arus pendek. Jika kabel sudah terlepas, maka keluarkan aki kering. 

            - Bersihkan Bagian Luar Aki

    Karena aki mobil termasuk komponen yang jarang tersentuh pasti bagian luar aki penuh dengan debu. Maka dari itu, bersihkan dulu bagian luar aki menggunakan kain lap yang bersih. 

            - Buka Penutup Aki

    Setelah dibersihkan buka penutup aki pada bagian yang terdapat tulisan “Do not open”. Anda perlu menggunakan gergaji atau pisau untuk membuka aki.