Berita

    Featured Image

    Jangan Abai! Ini Penyebab Kaca Mobil Retak dan Cara Memperbaikinya

    Kaca mobil adalah komponen penting yang berfungsi melindungi pengemudi dan penumpang dari debu, angin, dan bahaya lainnya di jalan. Oleh karena itu, kondisi kaca mobil retak dapat berisiko bagi keselamatan pengemudi maupun penumpan di dalamnya.

    Kondisi ini dapat terjadi karena beberapa faktor penyebab seperti benturan fisik, paparan suhu tinggi, dan lain sebagainya. Untuk menjaga keselamatan berkendara, penting untuk mengenali apa saja faktor penyebab retak pada kaca mobil beserta cara memperbaikinya.

    5 Penyebab Kaca Mobil Retak yang Paling Umum

    Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kaca mobil rusak, retak, atau bahkan pecah. Mulai dari benturan yang keras hingga kualitas kaca yang kurang baik, berikut ini beberapa faktor penyebab yang paling umum.

    • Benturan atau Guncangan Fisik

    Benturan langsung dari benda keras seperti batu, puing, atau benda tumpul lainnya dapat merusak kaca mobil secara fisik. Selain itu, guncangan fisik akibat kecelakaan lalu lintas atau akibat melintasi jalan rusak juga bisa menjadi salah satu penyebab.

    • Kecelakaan

    Kecelakaan lalu lintas adalah penyebab paling umum terhadap retaknya kaca mobil. Hal ini bisa terjadi ketika mobil bertabrakan dengan kendaraan lain, menabrak benda keras seperti pohon atau tiang listrik, atau terlibat dalam kecelakaan serius lainnya.

    • Paparan Sinar Matahari

    Meskipun jarang terjadi, namun paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab retaknya kaca mobil. Hal ini karena perubahan suhu yang cepat dapat menyebabkan tegangan termal pada kaca mobil, sehingga lebih mudah retak.

    • Tegangan Termal

    Tegangan termal terjadi akibat perubahan suhu yang cepat atau perbedaan suhu yang signifikan antara bagian dalam dan luar kaca mobil. Ini bisa terjadi akibat sinar matahari yang terlalu terik atau akibat menggunakan defogger dengan suhu tinggi.

    • Kualitas Kaca yang Buruk

    Masalah kaca mobil retak lebih rentan terjadi pada kaca yang memiliki kualitas buruk. Hal ini karena kaca dengan kualitas buruk umumnya tidak memiliki kekuatan dan ketahanan terhadap tekanan yang sesuai dengan standar minimal.

    Cara Memperbaiki Retak pada Kaca Mobil

     

    Istockphoto.com