Berita

    Featured Image

    Tarikan Mobil Berat? Coba Cek Bagian-bagian ini

    Pernahkah Anda mengalami tarikan mobil berat? Kondisi ini tentu sangat mengganggu kenyamanan pengemudi karena mobil terasa lemot saat melaju di jalan.

    Sebenarnya, banyak faktor penyebab yang membuat tarikan gas mobil terasa berat. Hal ini sering kali tidak disadari oleh pemilik mobil sehingga sulit untuk mengatasi masalah tersebut secara benar.

    Penyebab Tarikan Mobil Berat

    Mengetahui penyebab munculnya masalah tarikan mobil tentu sangat penting.  Anda bisa mengecek bagian-bagian komponen berikut untuk mengetahui penyebabnya tarikan mobil terasa berat.

    • Sistem Pendingin

    Komponen pertama yang harus Anda cek adalah pada bagian sistem pendingin. Perhatikan apakah mobil terasa berat ketika AC dinyalakan? Bisa dipastikan sistem dan sirkulasi AC bermasalah.

    Kendala ini biasanya terjadi akibat adanya sumbatan pada bagian condenser atau dryer AC. Selain membuat tarikan mobil menjadi lebih berat, suhu di dalam kabin pun akan terasi semakin panas. Tentu jika Anda menemukan kondisi seperti ini, segera melakukan pengecekan ke bengkel mobil resmi.

    • Kampas Kopling Menipis

    Ketika kampas kopling mulai menipis, otomatis cengkraman kampas pada bagian flywheel akan semakin lemah. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya slip dan membuat tarikan mobil terasa semakin berat.

    Tidak hanya membuat mobil terasa berat, ini juga bisa membuat mobil bergetar secara tidak wajar saat dikendarai. Jika Anda mengalami masalah ini, segera lah untuk mengganti kopling yang tipis dengan mengganti komponen yang baru.

    • Cengkraman Rem Terlalu Kuat

    Cengkraman pada sistem rem juga bisa bermasalah jika daya cengkeram terlalu kuat. Bahkan saat sebelum menginjak pedal rem, ini juga bisa menyebabkan tarikan mobil berat.

    Semakin ketat roda mobil, semakin berat pula mobil yang akan digerakkan yang membuat mesin bekerja secara ekstra. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pengecekan dan mengatur ulang agar tidak menyebabkan rem blong.

    • Turbo Vane Macet

    Masalah ini sering ditemukan pada kendaraan bermesin diesel sehingga penting untuk mengecek bagian ini pada mobil Anda. Seperti yang diketahui, turbo vane merupakan pengatur kekuatan boosting turbo pada kendaraan.

    Jika komponen ini bermasalah, maka aliran udara yang lewat pada mesin akan terhambat. Sehingga alurnya menjadi macet dan mesin tidak mampu bekerja secara optimal akibat tarikan gas terasa berat.

    • Sistem Transmisi Tidak Maksimal

    Sistem transmisi adalah komponen mesin mobil yang berfungsi menyalurkan tenaga mesin ke roda penggerak untuk mengubah kecepatan dan tenaga putar. Jika bagian ini bermasalah, besar kemungkinan akan menyebabkan tarikan gas mobil terasa berat dan lebih sulit dikendalikan.

    Sistem Transmisi Tidak Maksimal

    Proses pemindahan gigi pada mobil matic juga akan lebih sulit dan terhambat. Akibatnya saat gas diinjak penuh, mesin hanya mengeluarkan suara dan tidak terjadi apa-apa. Akibatnya tenaga mobil menjadi tertahan dan mesin serta terasa berat atau tidak dapat berjalan sama sekali.

    Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan penggantian oli secara berkala agar seluruh komponen mesin terlumasi dengan baik. Masalah ini bisa Anda atasi dengan mendeteksi terlebih dahulu penyebab yang terjadi.

    Demikian penjelasan tentang apa penyebab dan komponen apa saja yang harus diperhatikan ketika tarik mobil berat. Beberapa komponen di atas bisa menjadi catatan untuk selalu rutin melakukan pengecekan sebelum menimbulkan masalah lebih fatal.