Berita

    Featured Image

    Mengatasi Kopling Mobil Selip Ini Caranya

    Penyebab dan Cara Mengatasi Kopling Mobil Selip

    Mengatasi Kopling Mobil Selip – Ketika tenaga mesin terasa berkurang, antara RPM dan kecepatan tidak sebanding, serta adanya bau hangus saat kamu berkendara, bisa jadi gejala adanya masalah pada kampas kopling mobil kamu.

    Penyebab kopling selip sendiri bisa dipengaruhi karena banyak faktor yang sering terkadang diabaikan oleh beberapa orang. Misalnya, karena memang sudah aus karena umur kampas kopling, atau bisa juga karena gaya berkendara yang ugal-ugalan, dan sebagainya.

    Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi kampas kopling selip. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika kamu berkendara di jalanan. Mengingat kampas kopling yang selip selain dapat menggangu, juga bisa berpotensi menimbulkan kecelakaan.

    Melansir dari laman Daihatsu, berikut ini penyebab dan cara mengatasi kampas kopling selip yang perlu kamu ketahui.

    Penyebab Kampas Kopling Selip

    • Komponen sudah berumur

    Meskipun kamu sudah menggunakan mobil dengan cara sebaik mungkin, tapi jika komponen ini sudah aus karena umur, maka komponen memang waktunya diganti. Kamu bisa ingat-ingat kapan terakhir kali mengganti kampas kopling.

    • Gaya berkendara yang ugal-ugalan

    Tidak semua orang yang bisa mengendarai mobil berkendara dengan cara yang tepat. Seringkali beberapa orang justru mengendarai dengan cara semaunya sendiri. Akibatnya, dapat mempercepat kerusakan komponen mobil.

    Menahan setengah kopling saat tanjakan dan melakukan perpindahan gigi tanpa melepas pedas gas juga bisa berisiko memperpendek usia koplingnya.

    • Mobil sering membawa barang berat

    Setiap mobil biasanya sudah tertera berapa berat barang bawaan yang boleh dibawa. Produsen mobil juga sudah menguji berapa berat maksimal yang bagus dan aman untuk mobil.

    Meski begitu, beberapa orang kerapkali memaksa memuat barang melebihi kapasitas yang dibolehkan. Hal inilah yang bisa membuat kopling cepat rusak karena bekerja lebih ekstra.

    • Asal memberi oli transmisi

    Perlu diketahui, tidak semua yang lebih mahal itu lebih bagus. Memberikan oli transmisi asal-asalan meski kita menganggapnya oli tersebut lebih mahal, maka bisa berakibat kopling jadi selip. Oleh karenanya, gunakan oli transmisi yang sesuai dengan mobilmu. Tidak perlu yang lebih mahal, cukup beli yang sesuai saja.

    Cara Mengatasi Kampas Kopling Selip