Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

    Apabila Anda menggunakan mobil setiap hari untuk bepergian, masalah cat terkelupas pada mobil pasti setidaknya pernah Anda alami bukan? Hal tersebut terjadi karena berbagai alasan, mulai dari mobil tergores benda tajam sampai dengan teknik aplikasi cat yang salah.

    Jika cat sudah terkelupas, penampilan mobil jadi kurang menarik. Lalu, bagaimana cara menghilangkan cat terkelupas agar mobil Anda mulus kembali? Intip dan terapkan caranya berikut ini!

    Cara Memperbaiki Cat Terkelupas pada Mobil 

    Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan penampilan mobil jadi mulus kembali ketika terjadi goresan ringan yang tidak terlalu dalam:

    • Membersihkan Cat yang Terkelupas dengan Air Hangat

    Anda wajib membersihkan bagian mobil yang catnya terkelupas menggunakan air hangat terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menghindari hasil pengaplikasian compound putih tidak merata. 

    Sebab bila Anda tidak membersihkan bagian mobil yang akan diaplikasikan compound putih, maka hasil akhirnya tidak akan maksimal. Jadi, siapkan air hangat untuk membersihkan cat mobil yang terkelupas.

    • Mengaplikasikan Compound Putih

    Apabila tingkat keparahannya masih ringan, cat yang terkelupas dapat Anda tutupi dengan compound putih. Anda bisa membeli bahan ini di salon mobil yang ada di sekitar rumah. 

    Kemudian, Anda harus menggunakan kain yang lembut saat mengaplikasikan compound putih agar hasilnya merata dan menghindari munculnya goresan baru pada mobil.

    Setelah itu, ganti kain yang telah Anda gunakan untuk mengaplikasikan compound putih dengan yang baru. 

    Pastikan kain baru tersebut memiliki tekstur yang lembut, karena akan digunakan untuk meratakan pengaplikasian compound agar goresan pada mobil bisa hilang.

    • Menggunakan Cat Mobil dengan Warna Serupa

    Jika hasil pengaplikasian compound putih kurang memuaskan karena hasilnya tidak bagus, maka Anda bisa coba menggunakan cat berwarna sama untuk mengatasi cat terkelupas pada mobil.

    Hati-hati dalam pemilihan warna cat, pilihlah warna yang persis dengan cat asli mobil Anda. Lalu, bila sudah menemukan cat yang sesuai, Anda bisa melanjutkan dengan pengaplikasian cat tersebut menggunakan kuas berbulu lembut.

    Bila proses pengaplikasian cat sudah selesai, Anda bisa menunggu hingga cat mengering. Barulah setelah itu aplikasikan compound dengan warna kuning ke bagian yang sama dan diamkan sampai kering.