Berita

    Featured Image

    Bukan Asal Gaya, Inilah Tips Memilih Kacamata yang Aman dan Nyaman untuk Mengemudi

    Pernahkah kamu merasa terganggu dengan pantulan sinar matahari saat sedang mengemudi? Kacamata untuk berkendara saat ini telah menjadi aksesoris wajib yang kerap digunakan untuk mengemudi, terutama di siang hari. Berbagai tujuan seperti untuk menghindari dari sinar matahari yang menyilaukan, faktor kenyamanan dan juga gaya menjadi latar belakang alasannya.

    Ternyata, pemilihan kacamata untuk mengemudi juga tidak boleh sembarangan lho. Berbagai faktor seperti warna lensa, tipe fit over atau clip-on, tingkat polarisasi dari kacamata itu sendiri dapat menjadi pertimbangannya. Agar tidak salah, ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan dalam memilih kacamata yang aman juga nyaman untuk mengemudi, salah satunya:

    1. Pilih Kacamata untuk Perlindungan Radiasi Ultraviolet

    Sinar matahari atau sinar ultraviolet memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Akan tetapi, dalam keadaan mengemudi, pantulan sinar matahari ini justru akan mengganggu penglihatan dan dapat membahayakan pengemudi. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan kacamata yang dapat menyerap pantulan sinar matahari sehingga dapat tetap nyaman selama mengemudi.

    2. Gunakan Lensa Khusus

    Saat mengemudi, kamu bisa gunakan lensa dengan photochromic yaitu yang dapat berubah warna otomatis jika terpapar sinar UV. Dengan menggunakan lensa ini, pandangan pengemudi pun akan terlihat jadi lebih teduh. Selain itu, kensa jenis ini juga tetap bisa kamu gunakan pada malam hari, karena warnanya bisa menyesuaikan dengan keadaan dan akan kembali berubah menjadi bening jika tidak terpapar matahari. Lensa photochromic bekerja lebih baik dalam melindungi mata kita, baik di siang hari maupun malam hari. Selain itu, lensa jenis ini juga bisa digunakan dengan mata minus, cylinders dan normal.

    3. Pentingnya Anti Gores pada Kacamata

    Saat berada di luar ruangan, kita rentan terkena debu baik yang terlihat maupun tidak. Jika terkena angin, debu tersebut akan menyisakan scratch (goresan) pada kacamata. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya pilihlah kacamata yang lensanya telah dilengkapi dengan anti gores, guna melindungi kualitas lensa itu sendiri.

    4. Pilih Frame yang Aman dan Nyaman

    Selain lensa kacamata, frame yang nyaman dan aman juga perlu diperhatikan agar tidak mengganggu saat mengemudi. Pilihlah frame yang kokoh, ringan, dan tidak mudah patah sehingga tetap nyaman digunakan ketika perjalanan jauh. Juga yang tidak mudah kendur agar tidak mengganggu ketika mengemudi.