Berita

    Featured Image

    Apa Itu clutch cover Apa Saja Fungsi dan Komponennya

    Clutch Cover atau tutup kopling adalah perangkat mobil yang penting karena berkaitan dengan kopling. Ia berfungsi untuk menjepit kampas kopling. Hal ini sangat penting untuk mengatur pergerakan atau pemberhentian mobil. Sebagai komponen kopling, clutch cover terletak dir rumah kopling dan menutup seluruh bagian kopling, sehingga bekerja efektif pada saat pedal kopling ditekan. Ia memiliki komponen pendukung seperti pegas diafragma, hingga pelat penekan.

     

    Fungsi Clutch Cover

    Clutch cover berkaitan dengan putaran mesin. Ia dipasang dengan diikat pada fly wheel atau roda penerus yang berkaitan dengan putaran mesin. Fungsinya adalah menghubungkan atau memutus putaran mobil saat diperlukan, dengan menjepit kampas kopling. Clutch cover bekerja saat pedal kopling ditekan, plat penekan akan secara otomatis melepas jepitannya dari clutch disk. Hal ini akan membuat mobil berhenti, demikian sebaliknya, ketika plat penekan dilepas mobil akan berjalan kembali.

    Komponen Clutch Cover

    Impeller pump atau pompa impeller, jadi salah satu bagian komponen ini. Bentuknya seperti kipas angin. Ia memiliki sirip kipas uang banyak dan biasanya terletak pada belakang unit torque. Ia bertugas bertugas membangkitkan aliran dan tekanan fluida pada sistem torque converter. Torque Converter Cover mengatur aliran fluida yang telah diberi tekanan saat kopling dioperasikan. Ia juga bertugas mencegah kebocoran fluida saat terjadi sirkulasi. Ia terhubung dengan dengan flywheel mesin, sehingga ikut berputar dengan flywheel ketika mesin dihidupkan. Turbin menjadi kipas kedua seperti pompa impeller. Hanya saja letaknya yang berbeda. Ia mengambang di dalam torque converter cover. Pada bagian tengahnya terhubung dengan poros input transmisi. Ia bertugas menerima energi berupa tekanan yang dihasilkan pompa impeller, seiring putaran yang semakin cepat

    Stator memiliki sirip dengan poros terhubung pada impeller. Meskipun demikian putarannya berlawanan dengan impeller dan turbin yang berfungsi melancarkan aliran fluida dalam torque converter cover. Lock up clutch sebagai penghubung antara turbin dan torque converter cover pada RPM tertentu. Ia akan membantu menyeimbangkan putaran flywheel dan input transmisi.

    Tipe Clutch Cover

    Clutch cover secara umum memiliki dua tipe yang sering diaplikasikan pada mobil. Masing-masing memiliki cara kerja dan fungsinya sendiri untuk mengatur pergerakan kopling. Pada mobil bertransmisi otomatis atau matik, tipe rumah kopling ada dua yaitu coil spring dan diaphragm spring. Berikut penjelasannya

    • Tipe coil spring