Berita

    Featured Image

    Tips dan Cara Menggunakan Cruise Control

    Saat ini, sudah semakin banyak fitur dan teknologi yang dapat mempermudah pengendara. Salah satunya yakni cruise control yang ada di berbagai jenis mobil keluaran terbaru. Namun, mungkin masih banyak pengendara yang belum paham cara menggunakan cruise control.

    Maka dari itu, artikel ini akan membahas tentang hal tersebut supaya Anda dapat mengontrol kecepatan mobil dengan lebih praktis dan mudah.

    Cara Menggunakan Cruise Control

    Cruise control adalah fitur yang kini sudah umum pada berbagai jenis mobil. Fungsinya yakni untuk mengontrol supaya mobil dapat melaju dengan kecepatan yang konsisten tanpa perlu menekan bagian pedal. 

    Jadi, Anda bisa mengatur kecepatan mobil sesuai dengan kebutuhan. Meski masih asing bagi sebagian orang, namun penggunaan cruise control terbilang cukup mudah. 

    Ada beberapa tombol yang dapat Anda manfaatkan, berikut adalah penjelasan untuk masing-masing tombol.

    • Tombol On/Off

    Pertama, ada tombol on/off yang sesuai namanya, ini memiliki fungsi untuk menyalakan dan mematikan fitur cruise control.

    Lalu, untuk memastikan bahwa fitur ini sudah menyala, Anda bisa melihat pada bagian dashboard mobil.

    • Tombol Res+

    Sesuai dengan fungsi cruise control untuk mengatur kecepatan, maka Anda perlu mengenal tombol Res+. Fungsinya yakni untuk menambah kecepatan mobil dengan mudah.

    Jika Anda menekan tombol ini satu kali, maka kecepatan mobil akan bertambah sebesar 1 mph. Jadi, Anda bisa menekan tombol ini sesuai dengan peningkatan kecepatan yang dibutuhkan.

    • Tombol Set-

    Cara menggunakan cruise control yang selanjutnya yakni dengan tombol Set- yang berfungsi untuk menurunkan kecepatan mobil sebesar 1 mph.

    Sama halnya dengan tombol yang sebelumnya sudah dibahas, Anda dapat menyesuaikan penggunaan tombol ini sesuai dengan keperluan.

    • Tombol Cancel

    Terakhir, ada tombol cancel yang berfungsi untuk menonaktifkan atau mematikan fungsi cruise control. Anda bisa menekannya ketika sudah tidak memakai fitur cruise control.

    Tips Menggunakan Cruise Control

    Tips Menggunakan Cruise ControlFreepik.com

    Setelah membaca cara di atas, maka sebaiknya Anda perhatikan juga berbagai tips menggunakan cruise control di bawah ini:

    • Pahami dan Pelajari sebelum Menggunakan

    Tips penting yang pertama yakni memahami dan mempelajari dengan baik sebelum menggunakan fitur yang satu ini. Pastikan Anda sudah paham betul fungsi dari setiap tombol yang ada, supaya tidak salah dalam pengaplikasiannya.

    • Tetap Konsentrasi saat Berkendara

    Fitur cruise control memang bisa memudahkan pengendara dan penggunaannya cukup praktis. Namun, perlu diketahui bahwa konsentrasi tetap menjadi poin penting yang tidak boleh ditinggalkan.

    Pastikan bahwa Anda tetap fokus dalam berkendara, karena ada berbagai hal yang bisa terjadi di jalan raya. Misalnya, mungkin saja ada mobil yang mendahulu secara tiba-tiba dan mengganggu kemudi Anda.

    • Sebaiknya Tidak Dipakai di Jalan Tol

    Fitur ini sebaiknya tidak Anda pakai ketika berada di jalan tol. Hal ini karena bisa saja ada pengendara lain yang berpindah jalur secara tiba-tiba, padahal sedang berada dalam kecepatan tinggi.

    Tindakan tersebut bisa membahayakan pengendara yang sedang memanfaatkan fitur cruise control. Jadi, sebaiknya penggunaan fitur ini dihindari sementara ketika melintasi tol.

    • Jangan Pakai Fitur ketika Macet dan Hujan

    Selanjutnya, fitur berbahaya digunakan ketika jalanan sedang macet, karena kondisi jalanan cukup ramai dan sering kali tidak kondusif.

    Selain itu, penggunaan ketika hujan juga berbahaya, karena jalanan bisa saja menjadi licin. Jalan yang licin dapat membuat kecepatan mobil meningkat, sehingga sebaiknya Anda kendarai mobil dengan hati-hati tanpa fitur ini.

    Jadi bagaimana, apakah kini Anda sudah paham bagaimana cara menggunakan fitur cruise control? Jika sudah, sebaiknya gunakan fitur ini ketika berkendara, namun pastikan tetap berhati-hati supaya meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.