Berita

    Featured Image

    Rekomendasi Jenis Knalpot Biar Mobil Anda Tambah Sporty

    Ketika memiliki mobil, tentu ada keinginan untuk memodifikasi berbagai komponen agar terlihat lebih menarik. Salah satunya memodifikasi knalpot agar terlihat lebih sporty. Banyak sekali jenis knalpot yang dapat Anda gunakan untuk memodifikasi knalpot bawaan.

    Namun, sebelum Anda merencanakan untuk memodifikasi knalpot mobil, maka ketahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Simak artikel di bawah ini untuk berbagai jenis exhaust atau knalpot mobil dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memodifikasinya.

    5 Jenis Knalpot Mobil Untuk Modifikasi

    Knalpot mobil berfungsi sebagai komponen pembuangan gas sisa dari pembakaran mesin kendaraan. Keberadaannya sangat penting bagi kendaraan Anda, sehingga terkadang Anda ingin memodifikasinya menjadi lebih baik. Maka dari itu, kenali jenis-jenisnya di bawah ini:

    • Knalpot Single

    Jenis pertama adalah knalpot dengan keluaran tunggal atau single exhaust. Sesuai dengan namanya, knalpot jenis ini hanya memiliki satu saluran pembuangan sisa pembakaran. Letaknya di bawah kendaraan mobil Anda dan biasanya knalpot jenis ini dimiliki oleh mobil mesin kecil.

    Kecepatan aliran gas pembakaran mesin lebih tinggi karena saluran yang tersedia hanya satu. Kelebihan lain dari knalpot single ini adalah mudah ditemukan di toko sparepart.

    • Knalpot Dual Rear

    Dual rear exhaust menjadi jenis dari knalpot mobil kedua yang dapat Anda pilih ketika ingin memodifikasi knalpot. Sama seperti namanya, artinya knalpot ini memiliki saluran pembuangan ganda yang terletak di bawah mobil.

    Knalpot Dual SideFreepik.com

    Biasanya, knalpot keluaran ganda digunakan oleh mobil dengan mesin bertenaga besar. Dan keuntungan Anda memasang knalpot jenis ini adalah lebih efisien dalam hal bahan bakar dan membuat tampilan mobil Anda lebih sporty.

    • Knalpot Opposite Dual

    Jenis knalpot yang ketiga adalah opposite dual exhaust atau knalpot keluaran ganda bersisi. Biasanya, knalpot jenis ini terletak secara berseberangan satu sama lain. Sama seperti dual rear exhaust, knalpot jenis ini dapat digunakan oleh mobil dengan mesin bertenaga besar.

    Biasanya, mobil jenis sporty yang menggunakan knalpot keluaran ganda bersisi. Anda juga dapat mencobanya pada mobil Anda agar terlihat lebih sporty. Namun, pastikan jika Anda mengetahui plus dan minus ketika memasang knalpot jenis sporty.

    • Knalpot Dual Side

    Knalpot dual side atau keluaran ganda sisi samping menjadi jenis berikutnya yang mana dapat diletakkan di samping kendaraan. Jenis exhaust ini digunakan sebagai knalpot modifikasi yang berbeda dengan yang biasanya. Digunakan untuk mobil sport yang memiliki performa tinggi.

    Kelebihan dual side exhaust ini adalah suaranya yang tidak berisik dan halus. Otomatis tidak mengganggu pengguna jalan yang lain. Selain itu, knalpot dual side juga bisa meningkatkan kinerja mesin yang lebih optimal.

    • Knalpot High Performance

    Terakhir, terdapat high performance exhaust yang mana khusus dirancang agar dapat mengoptimalkan kinerja mesin mobil. Knalpot jenis ini digunakan untuk mobil balap atau sport dan berfungsi untuk melancarkan aliran udara yang menghambat gas buang pembakaran mesin.

    Jika Anda memiliki mobil dengan spesifikasi biasa saja, tentu memodifikasi knalpot dengan jenis ini tidak disarankan. Hal tersebut karena kemungkinan tidak cocok atau tidak compatible akan lebih besar dan nantinya bisa berpengaruh pada kinerja mesin mobil Anda.

    Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Modifikasi Knalpot

    Berbagai jenis dari knalpot mobil sudah Anda ketahui, maka selanjutnya adalah memerhatikan beberapa hal ketika memodifikasi knalpot. Pertama, modifikasi knalpot dan disesuaikan dengan jenis mesin mobil Anda. Kedua, disarankan untuk mengganti knalpot yang tidak bising.

    Ketiga, Anda dapat mengganti knalpot di bengkel dengan mekanik profesional. agar kualitas modifikasi jadi lebih baik. Keempat, sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Hal-hal tersebut yang wajib Anda perhatikan agar ketika memodifikasi knalpot, mobil Anda semakin terlihat keren.