Berita

    Featured Image

    Simak Fungsi Odometer & Tandanya Jika Bermasalah!

    Odometer pada mobil terletak di panel dashboard yang ada di balik kemudi. Secara umum, posisinya bersisian dengan speedometer dan tachometer. Ketiganya merupakan penunjuk atau indikator yang memberikan informasi penting terkait performa mobil kepada pengemudi.  

    Untuk komponen ini biasanya bertugas menunjukkan seberapa jauh jarak yang telah ditempuh oleh suatu kendaraan. Selengkapnya, akan dibahas di artikel berikut ini!

    Mengenali Fungsi Odometer di Mobil Anda

    Setiap komponen pada mobil tentu memiliki fungsinya masing-masing, berikut adalah beberapa fungsi peranti ini bagi Anda.

    • Menginformasikan Jarak Tempuh

    Adanya peranti ini pada panel dashboard memudahkan pengemudi untuk mengetahui satuan akumulasi jarak yang sudah ditempuh mobil. Jarak dihitung sejak mobil dipakai pertama kali dan terakumulasi. 

    Pentingnya mengetahui jarak tempuh adalah untuk mengecek kemampuan mobil dan intensitas pemakaiannya selama ini. Semakin banyak angka yang ditampilkan, maka menunjukkan semakin jauhnya jarak yang pernah mobil tempuh. 

    • Patokan untuk Membeli Kendaraan Bekas

    Bagi Anda yang hendak melakukan pembelian mobil bekas, disarankan untuk mengecek panel dashboard dan melihat angka yang ditampilkan peranti ini. Jika semakin panjang atau banyak digit angka yang muncul maka intensitas pemakaian mobil tinggi. 

    Sejatinya sebuah kendaraan, semakin sering dipakai maka semakin turun performanya. Komponen-komponen pada mobil juga akan mengalami usang atau kinerjanya jadi turun. Pastikan untuk mengecek hal tersebut juga sebelum transaksi mobil bekas.

    • Menunjukkan Waktu Tepat untuk Servis

    Tak banyak pengemudi yang mengetahui bahwa panel yang menunjukkan satuan jarak tempuh dalam km ini bisa menjadi tanda waktu servis. 

    Saat yang tepat untuk melakukan servis mobil bisa ditinjau dari jumlah angka yang dimunculkan. Jika mobil sudah menjangkau jarak 75000 km, sudah saatnya Anda melakukan servis pada mobil Anda.

    Tanda-tanda Odometer yang Bermasalah

    Masalah pada peranti yang satu ini biasanya berhubungan dengan komponen yang dimanipulasi atau direset. Terutama pada tipe yang digital, sangat mudah untuk memanipulasi tampilan digit angkanya, supaya terkesan seperti mobil dengan intensitas pemakaian yang rendah. 

    Manipulasi semacam itu dimaksudkan agar nilai jual kendaraan juga tidak berkurang. Padahal dengan melakukan reset seperti itu akan membuat mobil kehilangan indikator riil jarak tempuh, yang akan membuat kacau waktu service mobil.