Berita

    Featured Image

    Simak Berbagai Macam Alat Pendingin Mesin pada Mobil

    Mobil Anda pernah atau sering mengalami overheat? Kondisi yang diakibatkan oleh temperatur mesin yang panas ini ternyata bisa diatasi dengan menggunakan alat pendingin mesin mobil.

    Imbas buruk dari permasalahan overheat tersebut bisa mengakibatkan mobil mogok. Namun di sisi lain, pada setiap mobil biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai alat pendingin mesin. Sebagai pemilik mobil, Anda hanya harus menjaga performa alat tersebut.

    Apa Saja Alat Pendingin Mesin Mobil?

    Sebenarnya ada cukup banyak sekali alat yang berfungsi untuk mendinginkan mesin pada mobil. Setidaknya ada 8 jenis alat pendingin yang biasanya disediakan. Berikut semua komponen-komponennya.

            1. Radiator Mobil

    Alat yang satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Fungsi utamanya yaitu sebagai pendingin mesin. Fungsinya yaitu mendinginkan air yang digunakan untuk mendinginkan mesin mobil.

    Air akan didinginkan di dalam radiator, kemudian air yang sudah didinginkan tadi akan dibuang dari bagian kisi-kisi radiator.

            2. Alat Memompa Air

    Fungsi dari radiator akan bersinergi dengan pompa air yang juga terdapat di dalam mesin mobil. Fungsi dari pompa air tersebut yaitu untuk mengatur sirkulasi air yang ada pada radiator ke mesin.

    Dengan adanya pompa air ini, maka proses pengaliran air pada radiator bisa berjalan dengan baik. Dengan begitu, proses pendinginan pun akan menjadi lebih optimal.

            3. Kipas Radiator

    Radiator saja terkadang tidak cukup untuk mendinginkan mesin, terutama mesin mobil yang sering mengalami overheat. Fungsi dari alat ini yaitu memberi angin pada radiator agar pendinginan menjadi lebih cepat.

    Sederhananya, kipas radiator akan memaksimalkan fungsi radiator mobil agar proses pendinginan menjadi maksimal.

            4. Tabung Reservoir

    Fungsi dari tabung reservoir yaitu untuk menampung uap di bagian radiator saat suhunya tinggi. Dengan begitu, kondisi mesin tetap dingin dan bisa mencegah overheat yang menyebabkan mobil menjadi mogok.

            5. Thermostat

    Fungsi dari thermostat yaitu untuk mengatur sirkulasi air yang ada pada alat pendingin mesin mobil. Thermostat akan bekerja saat mesin mobil mencapai suhu tertentu.

    Jika suhu mesin mobil belum mencapai level tertentu, maka thermostat ini tidak akan berfungsi. Thermostat akan menjaga air agar tidak mengalir ketika mesin belum mencapai level suhu tertentu.