Berita

    Featured Image

    Compound Mobil: Fungsi dan Cara Menggunakannya Secara Benar

    Apakah Anda pernah mendengar mengenai compound mobil? compound merupakan bahan yang digunakan untuk melakukan perawatan kendaraan sehingga tampilan mobil menjadi semakin kinclong. Bila Anda mengunjungi tempat pencucian mobil, umumnya mereka akan menggunakan bahan compound. 

    Tidak sedikit pula yang menggunakan bahan compound kemudian mengaplikasikannya di permukaan mobil. tetapi, harus diingat jika compound bukan hanya terdiri dari satu jenis, tetapi penggunaannya harus dilakukan dengan baik agar hasil pengaplikasiannya maksimal. 

    Fungsi Compound Mobil

    Compound adalah bahan yang memiliki sifat abrasive. Sifat yang dimilikinya bergantung dari jenisnya. Berikut berbagai macam fungsi dari compound, antara lain:

            1. Mengatasi Goresan

    Lecet atau goresan mobil merupakan hal yang tidak mudah dihindari. Namun, ketika mobil terkena baret, masalah ini bisa langsung diatasi dengan menggunakan compound tanpa harus mengecek ulang. 

    Biasanya, baret yang muncul hanya akan merusak lapisan cat. Agar bisa mengatasinya, dibutuhkan compound. Sehingga, fungsi utama yang dimiliki compound adalah memperbaiki baret tanpa harus mengecat ulang kendaraan. 

            2. Melicinkan Bodi Kendaraan

    Fungsi lain yang dimiliki compound adalah membuat kendaraan menjadi semakin licin. Meskipun tidak ada baret yang muncul pada mobil, tetapi compound tetap dapat digunakan. Biasanya setelah pencucian mobil selesai, compound diaplikasikan. 

    Permukaan mobil yang licin akan terlihat kinclong serta tidak mudah ditempeli debu. Tidak hanya itu, mobil juga mudah dibersihkan karena permukaannya menjadi licin, sehingga warna cat mobil akan semakin awet. 

            3. Menghilangkan Percikan di Aspal

    Saat Anda berkendara di jalan yang beraspal, bagian bodi kendaraan tidak akan terhindar dari percikan. Khususnya di bagian samping mobil, percikan ini tidak dapat dihilangkan dengan menggunakan air sabun. 

    Tentu saja pecikan yang tidak dihilangkan akan membuat cat menjadi lekas rusak. Oleh sebab itu untuk mengatasi bekas aspal, diperlukan compound. Tujuannya, agar percikan aspal bisa menghilang tetap tidak merusak cat. 

            4. Menghilangkan Jamur

    Biasanya, mobil yang jarang dibersihkan dapat membuat jamur tumbuh. Jamur tidak dapat hanya dibersihkan dengan air sabun, tetapi membutuhkan compound. Dengan menggunakan compound, jamur akan terkikis dengan mudah. 

    Cara Menggunakan Compound Mobil