Berita

    Featured Image

    Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah & Cara Mengatasinya

    Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah

    Penyebab lampu mobil redup harus segera diketahui supaya Anda terhindar dari masalah berbahaya di jalanan. Baik itu seperti kecelakaan dan membahayakan kendaraan lainnya. 

    Pada saat Anda berkendara di malam hari dan tidak terlalu jelas melihat jalan, penyebabnya bisa karena lampu yang bermasalah. Indikator kerusakan pada lampu bisa dideteksi dengan lampu yang mulai redup. 

    Selain itu juga jika lampu sein rusak, maka indikator lampu sein di speedometer akan berkedip. Ada dua kemungkinan yang terjadi, lampu sein mulai redup atau justru mati total. 

    Cukup berbahaya jika Anda membiarkan lampu sein mati dan lampu jarak dekat rusak. Ditambah lagi jika Anda memiliki kebiasaan untuk menyalakan lampu jarak jauh demi menggantikan lampu jarak dekat. 

    Dampaknya sangat buruk bagi pengendara lain karena cukup menyilaukan sehingga mengganggu pengguna jalan. Oleh karena itu ketika Anda menyadari bahwa lampu redup segera cari tahu penyebabnya. 

    Beberapa hal yang bisa menjadi pemicu adalah sebagai berikut:

    • Longgarnya Kabel dan Soket Lampu 

    Penyebab lampu mobil redup yang pertama adalah pada bagian jalur kelistrikan seperti kabel dan soket. Pada sistem kelistrikan ada banyak sekali kabel yang tersambung di antaranya bisa saja menempel di body atau ground cable

    Dampak yang didapatkan bukan hanya redup tetapi juga memicu konsleting. Untuk mengetahui mana kabel dan socket yang longgar Anda harus mengeceknya satu per satu. 

    • Kusamnya Reflektor

    Selain kabel dan soket, kerusakan juga sering terjadi pada reflektor lampu. Reflektor ini berfungsi supaya pancaran dari lampu bisa menyebar dan memanjang. Namun jika pantulan yang dihasilkan buruk lampu pun akan meredup. 

    Reflektor lampu ini bisa saja kotor karena beberapa penyebab seperti karat atau jarang dibersihkan. Pantulan lampu pun akan lebih sedikit yang menjadikan Anda sulit melihat jalan saat berkendara di malam hari atau cuaca berkabut. 

    Selain karat, reflektor ini bisa kusam karena kondisi lingkungan baik itu cuaca dan suhu dari lampu mobil. Penyebab lampu mobil redup sebelah sebenarnya bisa dihindari jika Anda rutin servis lengkap. 

    • Kualitas Bohlam yang Buruk 

    Apakah Anda pernah mengganti lampu bohlam bukan aslinya? Mungkin juga Anda mengganti bohlam di bengkel abal-abal? Bisa saja bohlam yang digunakan berkualitas buruk.