Berita

    Featured Image

    Hati-hati! Beberapa Modus Penipuan Di Jalan

    Tidak ada yang menjamin jika kita akan selalu aman ketika berkendara di jalan. Pada saat ini tak jarang banyak kasus penipuan di jalan dengan berbagai macam modus. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kewaspadaan kita di jalan, ini ada beberapa jenis modus yang wajib Anda ketahui. 

    Modus Penipuan Di Jalan

    1. Memberi tahu Ban Kempes

    Salah satu modus penipuan yang sering terjadi adalah saat seseorang pura-pura memberi tahu Anda bahwa ban mobil Anda kempes atau bocor. Mereka mungkin menghampiri kendaraan Anda dengan alasan untuk membantu, tetapi sebenarnya mereka berusaha mengalihkan perhatian Anda agar bisa melakukan pencurian atau penipuan. 

    Cara kerjanya, mereka beraksi dalam bentuk komplotan yang mana rekan kerja mereka memepet mobil Anda sambil menunjuk-nunjuk bagian ban. Ketika Anda menepi untuk memeriksa, mereka menawarkan bantuan. Ketika Anda sibuk berbincang, rekan mereka yang lain, mencoba mengambil barang Anda dari sisi mobil yang lain. 

    Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk selalu memeriksa kondisi ban dan kendaraan Anda sendiri. Jika Anda ragu, sebaiknya hubungi layanan bantuan darurat atau mekanik yang terpercaya. Selain itu, coba hindari berkendara sendiri di daerah yang rawan kriminalitas. 

    1. Pura-pura Kecelakaan di Jalan Sepi

    Modus penipuan lainnya adalah pura-pura kecelakaan di jalan sepi. Biasanya mereka sudah menandai mobil Anda dari belakang. Setelah memperkirakan jalan yang akan Anda lewati, mereka akan pura-pura sedang kecelakaan di tengah jalan yang akan Anda lewati. 

    Secara umum, biasanya pengemudi akan berhenti ketika ada yang mengalami kecelakan. Ini juga bisa dikarenakan karena jalan Anda terhambat oleh mereka, yang mana mau tak mau, Anda terpaksa keluar mobil. 

    Ketika Anda keluar mobil di saat itulah mereka beraksi. Mereka bisa melakukan banyak modus, mulai dari mengambil barang Anda secara diam-diam, atau sengaja melakukan perampokan berupa perampasan dengan paksa. Selain itu, kondisi jalan yang sepi membuat mereka dapat dengan leluasa untuk melakukan aksi mereka. 

    1. Pura-pura Tertabrak

    Selanjutnya pura-pura tertabrak. Para penipu akan menyebabkan insiden kecil atau menemukan cara untuk membuat Anda merasa bersalah atas insiden yang sebenarnya tidak terjadi. 

    pura-pura tertabrakFreepik.com

    Modus mereka biasanya dilakukan dengan sengaja menabrakan motor mereka ke mobil Anda untuk mencari perhatian. Modus ini juga bisa dilakukan dengan berbagai oknum. Seperti yang berperan sebagai korban dan ada juga sebagai provokator. 

    Dengan kondisi Anda yang shock karena insiden tersebut, mereka kemudian akan menuntut ganti rugi seperti meminta uang untuk membayar biaya perbaikan atau berobat. Meskipun kerusakan mungkin tidak signifikan. Untuk menghindari jebakan ini, pastikan untuk tetap tenang dan tidak mengakui kesalahan jika Anda yakin tidak bersalah. Jika situasinya mencurigakan, segera laporkan ke pihak berwenang.

    Manfaat Dashcam dalam Mencegah Modus Penipuan di Jalan

    Penggunaan dashcam ini bisa membantu Anda ketika menghadapi situasi yang tidak menguntungkan ini. Karena adanya alat perekam yang bisa mendokumentasikan hal yang terjadi di sekitar mobil Anda. Berikut adalah beberapa manfaatnya

    1. Sebagai Bukti yang Jelas

    Dashcam menyediakan bukti visual yang jelas tentang apa yang terjadi di sekitar kendaraan Anda saat berkendara. Ini dapat membantu mengungkap kebenaran dalam situasi di mana terjadi konflik atau insiden, termasuk modus penipuan seperti pura-pura tertabrak. Dengan memiliki rekaman video yang jelas, Anda dapat membuktikan keadaan sebenarnya kepada pihak berwenang dan menghindari menjadi korban penipuan.

    1. Alat Menggertak balik Si Penipu

    Ketika Si Penipu menyadari bahwa mereka direkam oleh dashcam, mereka cenderung akan mundur duluan. Anda bisa menjadikan bukti rekaman dashcam ini untuk menggertak balik jika mereka memaksa untuk melakukan pemerasan.

    1. Memfasilitasi Proses Klaim Asuransi

    Jika kondisi berakhir dengan Si Penipu gagal namun menyebabkan kerugian pada mobil Anda. Rekaman video dari dashcam dapat menjadi bukti yang berharga dalam proses klaim asuransi. Ini dapat membantu mempercepat penyelesaian klaim dan memastikan bahwa Anda mendapatkan kompensasi yang adil dari perusahaan asuransi Anda.

    Memahami modus penipuan yang umum terjadi di jalan raya dan memiliki kewaspadaan yang tinggi adalah kunci untuk menjaga keamanan Anda saat berkendara. Selalu percaya pada insting Anda dan jangan mudah percaya pada orang asing yang tiba-tiba muncul dengan cerita yang mencurigakan.