Berita

    Featured Image

    Mengenal Jenis Mobil SUV: Compact, Mid-Size, dan Full-Size

    Dalam dunia otomotif, mobil dapat dikategorikan menjadi berbagai jenis, mulai dari sedan, hatchback, city car, MPV, SUV, dan lain-lain. Di antara berbagai kategori tersebut, mobil SUV adalah salah satu opsi yang banyak dipilih penggemar otomotif.

    Secara lebih spesifik, SUV dapat dikategorikan lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ukuran dan kelasnya. Jadi, ketahui apa saja karakteristik SUV hingga jenis-jenisnya sebagai referensi Anda untuk memilih mobil.

    Definisi Mobil SUV dan Karakteristiknya

    SUV (Sport Utility Vehicle) adalah jenis kendaraan penumpang yang dibangun di atas rangka truk ringan. Dalam bahasa Indonesia, SUV sering disebut sebagai mobil jeep karena Jeep adalah merek mobil jenis SUV pertama di dunia.

    Umumnya, SUV dilengkapi dengan penggerak roda 4x4 untuk digunakan dalam kondisi off-road, meskipun di Indonesia banyak SUV tanpa penggerak 4x4. Selain itu, mobil ini juga memiliki ciri khas ground clearance tinggi dan ban serep di bagian belakang.

    Sesuai namanya, desain mobil ini cenderung sporty dan kokoh dengan suspensi tangguh, cocok untuk off-road dan jalan perkotaan. Dengan mesin berkapasitas di atas 1500 cc, fitur kenyamanan lengkap, dan suspensi kuat, ini dia rincian karakteristik lainnya:

    • Sasis Kokoh

    SUV didesain dengan sasis yang kuat untuk menjamin ketahanan jangka panjang. Sasis ini terintegrasi dengan struktur tangga dan monocoque yang memungkinkan untuk menanggung beban maksimal sambil mempertahankan profil atap lebih tinggi.

    Umumnya, SUV menggunakan satu jenis sasis dan suspensi untuk kenyamanan pengguna. Beberapa varian, terutama yang dirancang untuk menjelajah off-road, memiliki suspensi yang lebih kaku untuk meningkatkan performa di medan sulit.

    • Ground Clearance Lebih Tinggi

    SUV memiliki tinggi pijakan yang umumnya lebih besar dibandingkan MPV, bahkan mencapai 210 mm. Ini memberikan perlindungan ekstra bagi mobil saat melewati medan pegunungan atau area dengan permukaan berbatu yang sulit dilalui.

    • Spakbor dan Ban Lebih Besar

    Selain spakbor yang besar, ban mobil SUV biasanya memiliki diameter 15-17 inci atau lebih. Profil ban yang tinggi menambah daya cengkeram dan ketahanan ban, lebih ideal untuk menjelajah medan kasar dan off-road.

    • Dimensi Mengesankan