Berita

    Featured Image

    Mengenal Cairan-cairan yang Bisa Merusak Cat Mobil

    Dalam dunia otomotif, salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh pemilik mobil adalah kerusakan cat yang disebabkan oleh berbagai jenis cairan. Ya, maka dari itu Anda harus berhati-hati dengan beberapa jenis cairan yang merusak cat mobil.

    Baik cairan tersebut terbuat dari bahan kimia, bensin, hingga bahan organik, cairan-cairan ini dapat dengan mudah merusak lapisan pelindung cat kendaraan. Lantas apa saja jenis cairan yang bisa merusak cat mobil?

    Jenis Cairan yang Merusak Cat Mobil

    Penting sekali untuk memahami jenis cairan berbahaya ya bisa merusak mobil Anda. Apa saja itu? Berikut beberapa daftarnya!

    • Pelumas

    Kendaraan mobil biasanya menggunakan pelumas untuk menggerakkan mesin dan sistem mekanis yang menjaga mobil tetap berjalan. Biasanya, pelumas ini terdiri dari beberapa jenis oli seperti cairan oli mesin, oli transmisi, minyak rem, dan oli tenaga.

    Jika cairan ini mengenai cat mobil anda, maka dapat meninggalkan noda pada cat mobil anda dan menyebabkan cat perlahan-lahan terkelupas. Oleh karena itu, hindari kontak dengan cairan yang dapat merusak cat. Namun, jika hal ini sudah terjadi di mana pelumas tumpah ke cat mobil, Anda bisa segera mencuci dengan sabun khusus mobil yang aman bagi lapisan mobil.

    • Bahan Bakar

    Pernahkah anda mengalami goresan atau noda cat di dekat tempat pengisian bahan bakar mobil anda? Hal ini bisa terjadi akibat kebocoran bahan bakar yang tidak disengaja atau tidak disengaja pada saat melakukan pengisian bahan bakar ke SPBU.

    Cairan bahan bakar ini merupakan cairan yang tidak hanya dapat mengelupas, tetapi juga  dapat merusak cat mobil anda. Sifat bahan bakar yang mudah menguap  dapat menyerang permukaan cat mobil  dan lambat laun merusak cat mobil.

    • Minuman Bersoda

    Jika Anda suka minuman bersoda, perlu berhati-hati saat mengendarai mobil. Sebab minuman berkarbonasi adalah salah satu jenis cairan yang merusak cat mobil Anda dengan mudah.

    Jika mobil Anda terkena cairan minuman bersoda, kemungkinan akan meninggalkan noda yang mengering hingga lambat laun merusak cat mobil Anda. Sisa kotoran yang menempel pun akan sulit dihilangkan dalam jangka panjang.

    • Getah Pohon

    Getah pohon merupakan cairan berbahaya yang bisa merusak lapisan cat mobil lebih parah. Hal ini dikarenakan sifat cairannya yang sangat lengket dan sulit dihilangkan sehingga membuat tampilan mobil terlihat kusam.

    Untuk menghindari hal tersebut, maka hindari memarkirkan mobil di bawah pohon terlebih yang memiliki getah di sekitar daun atau batangnya. Parkirlah mobil di ruangan tertutup yang aman dari kontaminasi cairan, kotoran, dan debu.

    • Air Aki

    Jika mobil Anda menggunakan aki basah, sebaiknya penting untuk berhati-hati saat menuangkan cairan. Air aki mengandung asam dengan konsentrasi tinggi yang dapat menyebabkan karat pada logam dan membuat bodi mobil Anda terlihat jelek dan tidak sedap dipandang. Selain itu, lapisan yang terkena air aki juga dapat membuat bodi mobil rapuh dan  rusak sehingga biaya perbaikannya menjadi lebih mahal.

    Demikian informasi tentang apa saja cairan yang merusak cat mobil sehingga perlu Anda waspadai. Pastikan beberapa jenis cairan di atas tidak perlu melakukan aktivitas kontak fisik untuk menjaga lapisan cat terlihat maksimal.